Technologue.id, Jakarta – Apple dikenal secara global sebagai pemasok salah satu brand smartphone terpopuler, iPhone. Namun, perusahaan yang bermarkas di Cupertino itu tak puas dengan produk berusia 10 tahunnya itu. Mereka menyiapkan inovasi lain, yaitu augmented reality (AR).

Meski tak menyebut secara gamblang produk atau layanan macam apa yang tengah Apple siapkan dengan basis AR, Tim Cook menilai AR adalah teknologi terpenting di era modern ini.

“Saya menganggap AR sebagai ide yang besar, sama halnya dengan smartphone,” kata CEO Apple itu, seperti dikutip dari TheIndependent (10/02/17).

Dalam penjabaran lebih lanjutnya, Cook menyebut kalau AR mirip dengan smartphone karena teknologi itu bisa digunakan untuk semua orang dari semua negara. Tak cuma itu, AR dipandang dapat memperbaiki kualitas hidup manusia sekaligus menjadi platform hiburan yang keren.

- Advertisement -

Lanjut Cook, kalau Apple nanti jadi menyediakan AR, maka AR bakalan menjadi teknologi inti layaknya chip iPhone, bukannya berdiri sebagai produk. Ada rumor, Apple berkeinginan merilis layanan yang mirip dengan Project Tango mirip Google. Di sampingi itu, mereka diisukan tertarik mengembangkan wearable semacam kacamata pintar atau sejenisnya.

Yang jelas, Cook menegaskan AR akan lebih berguna daripada virtual reality (VR). Pasalnya, VR bersifat ‘mengisolasi’ user dari dunia nyata alih-alih mengakselerasikan dunia nyata dan virtual seperti yang bisa dilakukan AR.

 

Baca juga:

Tim Cook: Apple Ada Karena Para Imigran

Orang Ini ‘Reinkarnasi’ Steve Jobs di Apple

Apple, Google, dan Gengnya vs Donald Trump, Siapa yang Akan Menang?