Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Budi Arie Setiadi Resmi Jadi Menkominfo Gantikan Johnny G Plate
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Presiden Jokowi melantik beberapa pejabat di Kabinet Indonesia Maju, salah satunya ialah Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi. Budi resmi menggantikan Johnny G Plate yang dicopot dari Menkominfo terkait kasus korupsi proyek BTS.

Budi bukanlah orang baru di kabinet pemerintahan Jokowi dan Ma'ruf Amin, ia sebelumnya menjabat Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Baca Juga:
Setelah Data Paspor RI Diduga Bocor, Kini Hacker Sasar Data Garuda Indonesia

Pelantikan Budi sebagai Menkominfo berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 22 Tahun 2023 tentang Kementerian Komunikasi dan Informatika yang ditandatangani pada 17 April 2023.

Budi lahir di Jakarta pada 20 April 1969, lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia tahun 1996 dan tercatat sebagai pendiri dan Ketua Umum Projo, organisasi relawan pendukung Jokowi pada Agustus 2013.

Sebelum berkiprah ke politik, Budi berkecimpung di dunia jurnalistik. Ia pernah menjadi wartawan Media Indonesia pada 1994-1996 dan juga Kontan pada 1996-2001.

Pada 2005, ia mulai menapaki dunia politik dengan PDI Perjuangan dan pernah menjabat sebagai Kepala Balitbang PDI-Perjuangan DKI Jakarta. Selain itu, ia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPD PDI-Perjuangan DKI Jakarta.

"Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-selurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," kata Budi mengikuti sumpah jabatan di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/7).

Baca Juga:
Usai Data Paspor, Kini Giliran 337 Juta Data Dukcapil Diduga Bocor

Sekadar informasi, setelah Johnny G Plate dinonaktifkan karena tersangkut kasus korupsi proyek BTS dan infrastruktur BAKTI, posisi Menkominfo dipegang oleh Menko Polhukam Mahfud MD.

Tidak hanya Budi Arie Setiadi, ada beberapa tokoh yang mengikuti pelantikan di Istana Negara seperti Roslan Roeslani yang dilantik sebagai Wakil Menteri BUMN hingga Nezar Patria yang dilantik sebagai Wakil Menteri Kominfo.

SHARE:

Apple Siapkan Penerus Vision Pro yang Lebih Murah, Harga Rp26 Jutaan?

Presiden Jokowi Bentuk Satgas Judi Online, Ini Tugas dan Susunan Anggotanya