Bug Url di Youtube Bisa Skip Iklan

Technologue.id, Jakarta – Iklan di Youtube kadang terasa mengganggu bila pengguna sedang seru menonton video. Namun baru-baru ini dilaporkan berkat adanya bug URL maka pengguna dapat melewati iklan dan tak perlu membayar.

Misalnya jika URL video YouTube pengguna yaitu youtube.com/video, yang perlu dilakukan hanya menyisipkan tanda titik di akhiran ‘com’ sehingga terbaca ‘youtube.com./video’.

Baca Juga:
Youtube Mudahkan Pengguna Nonton Video Panjang

Dilansir dari Ubergizmo (16/6/2020), bug ini tampaknya hanya berfungsi pada situs web desktop, untuk pengguna smartphone dapat membuka situs dekstop agar bug ini berfungsi.

Menurut salah satu unggahan di Reddit, bug URL ini disebabkan situs lupa menormalkan kembali hostname-nya.

“Ini adalah kasus yang sering dilupakan, situs web lupa menormalkan hostname, konten masih ditayangkan, tetapi tidak ada kecocokan hostname di browser sehingga tidak ada cookie dan COR yang rusak,” tulisnya.

“Banyak lagi situs yang lebih besar menggunakan domain yang berbeda untuk menayangkan iklan/media dengan daftar putih yang tidak mengandung titik ekstra,” tambahnya.

Baca Juga:
Youtube Tetapkan Standar Baru Resolusi Video

Mengingat bug ini akan membuat YouTube kehilangan pendapatan dari iklan yang dilewati, dipastikan pihak Google akan memperbaiki secepatnya.

Menurut laporan Android Central bug ini tidak hanya berfungsi di YouTube, banyak situs lain yang memiliki paywalls juga mendapat bug ini. Pengguna Reddit juga mengutip situs New York Times sebagai contoh situs web yang tidak dinormalisasi.

Google dikabarkan telah memperbaiki bug tersebut.