Technologue.idInternete-CommerceBukalapak Permudah UMKM Cari Cuan Jadi Agen Pengiriman

Bukalapak Permudah UMKM Cari Cuan Jadi Agen Pengiriman

Technologue.id, Jakarta – Bukalapak memperkenalkan fitur Agen BukaSend di aplikasi Mitra Bukalapak. Melalui fitur ini, para pelaku UMKM dapat menjadi agen pengiriman barang untuk sejumlah jasa penyedia logistik di tanah air tanpa harus mengumpulkan modal.

Perusahaan logistik yang digandeng oleh Mitra Bukalapak diantaranya SiCepat Ekspres, J&T Express, Lion Parcel, Ninja Xpress, Anteraja dan Grab.

Fitur agen BukaSend ini diharapkan dapat membantu para Mitra Bukalapak mengembangkan bisnisnya sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan. Fitur baru ini juga memberikan solusi bagi para penyedia jasa logistik untuk dapat menjangkau lebih banyak pelanggan di berbagai pelosok tanah air melalui titik-titik penjemputan barang yang disediakan oleh para Mitra Bukalapak.

Baca Juga:
Kolaborasi Grab, Emtek dan Bukalapak Digitalisasi UMKM

Victor Lesmana, President Commerce & Fintech Bukalapak, menjelaskan bahwa teknologi dapat membantu para pelaku industri logistik menjawab kebutuhan pelanggan e-commerce dengan lebih efisien. Namun tak dipungkiri masih ada kendala proses pengambilan barang offline.

“Seiring dengan meningkatnya penetrasi internet di Indonesia dan semakin pesatnya pengembangan infrastruktur oleh pemerintah, menyediakan titik-titik pengambilan barang offline dalam jumlah besar telah menjadi salah satu tantangan utama bagi pelaku bisnis logistik Indonesia,” ujarnya, dalam konferensi pers virtual, Selasa (30/11/2021).

Victor melanjutkan bahwa tantangan ini disebabkan oleh sulitnya membangun jaringan konektivitas di Indonesia. Meskipun terdapat 270 juta jiwa, Indonesia hanya memiliki 4.800 kantor pos dan kurang dari 30.000 kantor cabang bank dan kurang lebih 100.000 ATM, walaupun terdapat lebih dari 100 bank komersial.

Karenanya, menghubungkan seluruh wilayah di Indonesia, baik perkotaan maupun pedesaan, yang berkontribusi terhadap lebih dari dua pertiga GDP Indonesia, menjadi sangat sulit.

“Namun, kami menyadari bahwa tantangan ini bisa diselesaikan dengan memanfaatkan warung sebagai titik penghubung,” lanjut Victor.

Baca Juga:
Bukalapak Berantas Penjualan Sertifikat Covid-19 Palsu

Dengan menjadi Agen BukaSend, para Mitra Bukalapak membantu menghubungkan para penyedia jasa logistik rekanan BukaSend ke jutaan titik penjemputan barang tanpa harus berinvestasi dalam jumlah besar untuk menyediakan gudang dan multi mode transportasi.

Di sisi lain, para Mitra Bukalapak yang menjadi Agen BukaSend juga dapat meraih penghasilan tambahan dari layanan ini.

Proses untuk menjadi Agen BukaSend sangat mudah. Cukup download aplikasi Mitra Bukalapak, kemudian pilih menu Agen BukaSend dan isi data pengirim dan penerima, lalu Mitra sudah bisa mengirimkan barang. Agen BukaSend dapat menikmati komisi bersaing, hingga 35% dari total biaya kirim dan beragam promo Cashback dan potongan harga yang menarik.

Pengguna BukaSend juga dapat menikmati berbagai program dan penawaran seperti Sultan BukaSend, Membership Program, Jaminan Pasti Dijemput, Ongkir Gokil, Print Thermal Resi, fitur Kirim Lagi, Laporan Komisi Bulanan, Materi Promosi Agen dan lain sebagainya.

- Advertisement -