Technologue.id, Jakarta – Bukalapak bekerja sama dengan studio animasi 3D pembesut serial Nussa, The Little Giantz, untuk menayangkan serial edukasi anak di kanal live streaming BukaNonton.

Sebanyak lima episode Nussa akan ditayangkan setiap Jumat di BukaNonton, mulai 4 April 2019. Selain itu, akan ada tayangan spesial yang akan disiarkan di bulan Ramadhan. Tayangan Nussa akan disajikan secara gratis bagi seluruh pengguna Bukalapak.

Baca Juga:
Bantu Pembiayaan UMKM, Bukalapak Luncurkan Modal Mitra

Fajrin Rasyid, Presiden Bukalapak, mengatakan kolaborasi ini bertujuan untuk menumbuhkan karakter positif pada anak-anak. Kisah ringan tentang dua bersaudara bernama Nussa dan Rara dibungkus nilai kebaikan, dianggap sebagai salah satu tayangan yang dapat mendorong hal tersebut. Apalagi, target audience tayangan ini bukan hanya menyasar anak-anak saja, namun juga orang dewasa dan orang tua.

- Advertisement -

“Menumbuhkan karakter yang positif itu dimulai dari anak-anak. Perlu ada pendampingan dari orang tua untuk menghadirkan tayangan-tayangan yang mendidik. Melalui tayangan Nussa di BukaNonton, kami harap semakin menambah tayangan-tayangan positif yang dinikmati para pengguna Bukalapak,” ujar Fajrin, di Jakarta, Kamis (4/4/2019)

Ke depannya, Bukalapak dan Nussa akan lanjut memperpanjang penayangan konten lima episode bila menerima respon positif dari penonton.

“Kami akan lihat perkembangan pelanggan, kalau misalnya minatnya tinggi tidak menutup kemungkinan kami menginvestasikan lebih banyak,” imbuhnya.

Baca Juga:
Bukalapak Buka Suara Soal Isu Akun Pengguna Dijual

Sementara itu di pihak The Little Giantz, kerjasama dengan Bukalapak ini merupakan simbiosis mutualisme. Pihaknya menyediakan konten, sementara Bukalapak menyediakan jumlah audience yang sangat besar.

Dijelaskan Aditga Triantoro, CEO The Little Giantz, Ia tak memusingkan kemungkinan perpindahan penonton dari platform Youtube ke platform BukaNonton. Justru dengan adanya alternatif channel di BukaNonton, hal ini bisa menyebarkan konten Nussa secara lebih luas.

“Waktu awal, target penonton kami 3-8 tahun. Namun berdasarkan data analitik, ada juga penonton berusia 18-35 tahun yaitu para orang tua yang ingin belajar dari sini. Kami ingin semua kalangan nonton, misalnya bukan hanya orang muslim,” kata Aditga.

“Ini mutualisme untuk menyebarkan konten Nussa. Dengan join ke mereka, kita melihat ini bukan competition tapi sebagai mutualism,” lanjutnya.

Di samping penayangan secara online, kesepakatan ini juga mencakup ke ranah penjualan produk. Bukalapak dan The Little Giantz akan menjual official merchandise karakter Nussa dan Rara hanya di platform e-commerce buatan anak bangsa tersebut.