Technologue.id, Jakarta – Hasil monitoring iklan televisi (TVC) Adstensity terhadap pelaku e-commerce di 13 stasiun televisi nasional yang diterima redaksi (27/10/17) cukup memberikan perspektif baru terhadap masyarakat Indonesia. Selain total belanja iklan para retail online sudah jauh mengungguli trio department store ternama Indonesia dengan perbandingan Rp1,25 triliun dengan Rp40,41 miliar, pergerakan industri e-commerce itu sendiri juga menarik untuk ditelisik.

Baca juga:

Lewati Lazada dan Tokopedia, E-Commerce Ini Jadi yang Terpopuler di Indonesia

Pasalnya, dibandingkan tahun 2016, tahun ini terjadi perubahan yang lumayan signifikan. Contohnya ketika di tahun lalu, Tokopedia menjadi e-commerce yang paling gencar berbelanja iklan di televisi dengan nominal melebihi Rp389 miliar. Akan tetapi tahun ini, mereka sedikit santai. Salah satu dari startup unicorn Tanah Air itu “cuma” menghabiskan Rp225 miliaran.

- Advertisement -

Posisi Tokopedia diambil oleh Bukalapak. Kalau di tahun lalu mereka hanya duduk di posisi keempat dengan belanja iklan senilai Rp204,65 miliar, kini Ahmad Zacky cs berani mengeluarkan dana iklan hingga Rp244,98 miliar.

Baca juga:

JD.ID: Kami Sedang Buru Dalang di Balik Pembuat Situs Palsu

Bukan Tokopedia, Justru E-commerce Ini yang Paling Loyal Ngiklan Tahun 2017
Perbandingan belanja iklan televisi sejumlah e-commerce Indonesia tahun 2016 dan 2017 (source: Adstensity)

Di samping itu, redaksi turut mencermati pergerakan Shopee yang begitu agresif. Budget belanja iklan mereka yang tahun lalu saja terhitung tak sampai Rp1 miliar, tahun ini melonjak hingga Rp177,92 miliar. Praktis, mereka kini bertengger di nomor tiga sebagai spender iklan TV tertinggi di antara e-commerce nasional. Begitupun dengan Blanja.com dan JD.ID yang ketika tahun lalu tak masuk daftar Adstensity, sekarang begitu percaya diri dengan menggelontorkan Rp100,42 miliar dan Rp96,63 miliar ke stasiun-stasiun televisi Tanah Air.

Hal yang sebaliknya malah tampak dari Elevenia, yang tahun ini sepertinya tak fokus untuk beriklan. Kalau di tahun lalu belanja mereka senilai Rp174 miliaran, tahun ini turun jauh hingga di bawah Rp1 miliar saja.

Baca juga:

“Negara” Baru yang Makin Besar Itu Bernama Amazon

Secara garis besar, belanja iklan belasan e-commerce Indonesia versi Adstensity memang turun, tepatnya dari Rp1,47 triliun ke Rp1,25 triliun. Walau begitu, munculnya keberanian Shopee, JD.ID, dan Blanja.com yang tahun lalu masih malu-malu patut menjadi catatan tersendiri.

Sebagai patokan, data statistik ini disajikan oleh Adstensity berdasarkan rekaman semua iklan televisi di 13 stasiun tv nasional yakni RCTI, SCTV, Indosiar, MNC TV,TransTV, Trans7, Global TV, MetroTV, TV One, ANTV, KompasTV, Net TV, dan TVRI. Periode pencatatannya sendiri dimulai dari Januari sampai September 2017.