Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Bukti Nyata Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Bantu Tumbuh UMKM Lokal
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - UMKM lokal berkontribusi lebih dari 60% terhadap PDB Indonesia. Mengacu pada Data Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah RI mencatat bahwa jumlah presentase UMKM mencapai 99% dari seluruh unit usaha dengan penyerapan tenaga kerja hingga 96,9%.

Untuk terus memajukan UMKM, Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia yang memiliki misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital terus mengembangkan insisiatifnya melalui Hyperlocal Tokopedia, agar pelaku UMKM Indonesia punya kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang.

Hyperlocal Tokopedia ini pun sudah terbukti mendukung tumbuh kembang UMKM lokal, dimana tercatat terdapat kenaikan jumlah transaksi di bebereapa daerah.

Baca Juga:
Sambut Hari Pahlawan, Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Dukung Kemajuan UMKM

“Tercatat juga daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di semester I 2023 pasca pandemi dibandingkan dengan semester II 2019 prapandemi, yaitu Riau, Sumatra Selatan, Lampung, Bali dan Sulawesi Selatan, dengan lonjakan rata-rata hampir 3 kali lipat,” ujar Head of Regional Growth Expansion Tokopedia, Nafisah Wulandari.

Nafisah menambahkan bahwa beberapa subkategori yaitu Hampers dan Parsel Makanan, Kesehatan dan Gaya Hidup, serta Pertanian adalah yang memiliki kenaikan tertinggi selama semester I 2023 pasca pandemi dibandingkan dengan semester II 2019 prapandemi, dengan kenaikan rata-rata hingga 18 kali lipat.

Hal ini juga sudah dirasakan sendiri oleh para penjual di Tokopedia, beberapa diantaranya adalah Ratna Sutedjo pemilik usaha Precious One yaitu toko yang menjual beragam produk kerajinan dengan memberdayakan rekan difabel. Ratna mengatakan berkat Tokopedia, tokonya berhasil menjangkau pasar yang lebih luas dan jumlah transaksi menggalami lonjakan hampir 30x lipat.

Baca Juga:
Transaksi PBB Online di Tokopedia Naik Lebih dari 30 Kali pada Kuartal III 2023

Ada juga Tribuana Desy Ariyanti pemilik Kraosan dari Magelang, toko yang menjual produk kerajinan bambu yang memiliki misi untuk mensejahterakan ibu-ibu dan masyarakat Magelang. Dengan fitur-fitur yang dimiliki Hyperlocal Tokopedia seperti kampanye WIB dan fitur TopAds, tokonya dapat meningkatkan transaksi agar dapat terus memberdayakan para ibu di desanya.

Tidak hanya di Pulau Jawa, inisiatif Hyperlocal Tokopedia juga dirasakan hingga ke Binjai, Sumatera Utara. Pemilik Awi Coffe, Darwin Jaswin yang menggandeng belasan petani kopi lokal di daerah Gayo dan Tanah Karo mengaku sejak bergabung dengan Tokopedia pada tahun 2019, produknya dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

SHARE:

4 Smartphone Terkini yang Punya Fitur Canggih Berbasis AI

Elon Musk Pamer Superkomputer Dojo D1 dengan 8.000 GPU Nvidia H100