Buntut Bocornya Data Penduduk, Kominfo Blokir Situs Raid Forums

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan pemblokiran terhadap situs Raid Forums. Langkah ini diambil sebagai tindak lanjut kasus bocornya data 279 juta penduduk Indonesia.

Kominfo menegaskan bahwa situs Raid Forums teridentifikasi sebagai forum yang banyak menyebarkan konten yang melanggar perundang-undangan Indonesia. Kini situs tersebut sudah tidak bisa lagi di akses.

“Raid Forums teridentifikasi sebagai forum yang banyak menyebarkan konten yang melanggar perundang-undangan di Indonesia, sehingga kami melakukan pemblokiran,” kata Kominfo dikutip dari pernyataan resminya, Senin (24/5/2021).

Baca Juga:

Analisa Kaspersky Soal Bocor Data Warga Indonesia


Tak hanya situs Raid Forum, pemblokiran dilakukan terhadap akun bernama Kotz yang merupakan pembeli dan penjual data pribadi (reseller). Kominfo juga memblokir tiga tautan yang berisi sampel data milik 279 juta penduduk di Indonesia.

Adapun ketiga tautan tersebut adalah bayfiles.com, mega.nz, dan anonfiles.com. Kominfo menegaskan langkah pemblokiran tautan-tautan ini sebagai langkah antisipasi persebaran data pribadi yang lebih luas.

Untuk diketahui, data milik 279 penduduk Indonesia dikabarkan bocor dan dijual di situs Raid Forums pada 12 Mei 2021. Kabar ini mencuat setelah dicuitkan oleh akun Twitter @ndagels.

Baca Juga:

Bocor Data Penduduk RI, Pengamat: Ini yang Harus Dilakukan Pemerintah


Dalam cuitannya, @ndagels mengatakan bahwa setidaknya ada 279 juta data yang dijual yang mana data-data ini berasal dari BPJS Kesehatan.

Data-data yang bocor dan dijual mencakup nama lengkap, KTP, nomor telepon, email, NID, dan alamat. Bahkan terdapat data orang yang telah meninggal dunia.

- Advertisement -

Latest News

Permudah Traveler, Kemanayo Tawarkan Itinerary Digital

Technologue.id, Jakarta - Membuat atau mencari daftar kegiatan selama perjalanan (itinerary) makin mudah lewat marketplace. Salah satu itinerary marketplace...

Grab Suspend Merchant Bodong Berkedok Restoran Terkenal

Technologue.id, Jakarta - Pihak Grab Indonesia akhirnya angkat bicara mengenai penipuan berkedok restoran terkenal di dalam aplikasi GrabFood yang viral di media...

LINE Bank Telah Beroperasi di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - PT Bank KEB Hana Indonesia (Bank Hana) bekerja sama dengan LINE Corporation telah resmi menghadirkan layanan keuangan yang disebut...

Muncul di TENAA, Ini Bocoran Spesifikasi realme X9 Pro

Technologue.id, Jakarta - realme X9 Pro muncul di situs sertifikasi TENAA. Informasi spesifikasi smartphone tersebut pun kian gamblang. Seperti...

Error Saat Inggris vs Kroasia, Mola TV Bagi-bagi Kompensasi

Technologue.id, Jakarta - Siaran langsung pertandingan sepak bola yang mempertemukan Inggris vs Kroasia dalam laga Euro 2020 menuai protes dari penonton. Hal...

Related Stories