Campaign #ForChange Raih Penghargaan ‘Aplikasi Berdampak Positif Terbaik’ versi Google Play

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Menuju akhir tahun 2020, Google Play sebagai layanan distribusi digital yang dikembangkan oleh Google merilis daftar aplikasi terbaik sepanjang tahun ini. Terdiri dari tujuh kategori, Campaign #ForChange terpilih sebagai Aplikasi Berdampak Positif Terbaik se-Indonesia per 1 Desember 2020. Selain itu, aplikasi yang menawarkan cara baru untuk melakukan aksi sosial ini merupakan satu-satunya yang berasal dari Indonesia. Mengusung konsep social tracker, Campaign #ForChange telah diunduh oleh lebih dari 38.800 pengguna dan menciptakan beragam kolaborasi positif sejak pertama rilis pada 4 April 2017.

Melalui laman resminya pada kategori Aplikasi Berdampak Positif Terbaik, tim Google menuliskan, “Didorong tujuan yang baik dan ramah pengguna, Aplikasi untuk Kebaikan kami memudahkanmu memberikan pengaruh baik – dan merupakan pengingat akan kekuatan dan keterhubungan kolektif kita semua.” Hal ini selaras dengan beragam inisiatif bersifat kolaboratif yang terjadi melalui aplikasi Campaign #ForChange sepanjang tahun 2020.

William Gondokusumo, Chief Executive Officer Campaign.com menjelaskan, “Tiga tahun berjalan, aplikasi Campaign #ForChange mengalami berbagai peningkatan, salah satunya dari sisi kolaborasi. Pada pertengahan tahun ini Campaign.com melakukan survey kepada 72 komunitas sosial dari 15 provinsi di Indonesia. Inisiatif kami ini menghasilkan data bahwa 90,28% komunitas terkendala aktivitas sosialnya selama pandemi COVID-19, kemudian 99,44% mengharapkan dukungan. Kami menjawab tantangan ini dengan menggandeng lebih banyak pihak dalam tantangan sosial yang dihadirkan pada aplikasi Campaign #ForChange, yakni sektor swasta, komunitas sosial, institusi pendidikan, serta anak muda sebagai pelaku aksi sosial. Kami percaya dengan mengoptimalkan kolaborasi, dampak sosial akan lebih luas dan perubahan positif lebih mudah dicapai.”

Campaign.com menghadirkan enam inisiatif utama melalui aplikasi Campaign #ForChange pada tahun 2020 dari total 65 inisiatif dalam tiga tahun terakhir. Beberapa diantaranya yaitu (1) A Better World Prize (ABWP) yang melibatkan 39 komunitas akar rumput untuk membuat kampanye sosial sesuai 4 fokus isu sosial utama; (2) #SiapKebiasaanBaru sebuah kampanye untuk menyiapkan anak muda beradaptasi di tengah tatanan baru; (3) Social Fair Day yang memfasilitasi siswa sekolah dan universitas untuk mendalami isu tertentu dengan berdiskusi langsung dengan komunitas sosial, serta memberikan dukungan dengan mengambil aksi; (4) #BeSociopreneur Young Changemakers Social Enterprise (YCSE) Academy berkolaborasi dengan @america; (5) #PeduliPangan Desa Kota; serta (6) Aksi Seminggu Berbagi. Tantangan Aksi Seminggu Berbagi masih berlangsung hingga akhir tahun ini. Inisiatif ini mengajak anak muda memaknai beberapa minggu terakhir di tahun 2020 dengan lebih banyak mengambil aksi sosial.

Selain tantangan sosial utama, Campaign #ForChange juga memfasilitasi kolaborasi antara sektor swasta dengan komunitas sosial secara langsung. Beberapa diantaranya yakni Kampanye #NoChildAlone oleh SOS Children’s Village yang didukung secara khusus oleh Travelio; serta kampanye #SolidarityForHIV diinisiasi oleh AMSA Indonesia dan didukung oleh Sensitif VIVO. Yoevan Wiraatmaja selaku Chief Executive Officer PT Danpac Pharma sebagai salah satu donatur menuturkan, “Campaign.com merupakan rekan terbaik untuk menginisiasi, mengorganisasi, dan menciptakan kampanye sosial yang berkelanjutan, khususnya untuk komunitas.”

Prastiwi Wulandari sebagai salah satu pengguna aplikasi juga memaparkan, “Akhirnya ada aplikasi yang sangat berguna dan berdampak untuk mengentaskan isu sosial. Melalui Campaign #ForChange kita bisa membuat kampanye kita sendiri dan terhubung dengan pengguna lain yang mendukung isu serupa. Aplikasi ini menginspirasi orang secara global untuk peduli pada isu sosial dan menjadi bagian dari perubahan positif.”

Aplikasi yang telah diulas oleh 281 pengguna ini, menghadirkan tantangan sosial yang memberikan dampak kepada komunitas tak hanya melalui ruang edukasi dan peningkatan kapasitas, tetapi juga pengumpulan donasi. Didukung oleh sektor swasta sebagai donatur, pengguna aplikasi yang berhasil menyelesaikan tantangan sosial setara dengan berdonasi mulai dari Rp10.000-Rp20.000 yang diberikan melalui Yayasan Dunia Lebih Baik. Donasi ini digunakan oleh masing-masing komunitas untuk membantu mengentaskan isu sosial terkait. Konsep social tracker juga memungkinkan pengguna mengukur seberapa banyak ia telah turut menciptakan dampak sosial positif dan memulai kebiasaan baik.

- Advertisement -

Latest News

Intip Spek dan Harga Redmi Note 10S Sebelum Meluncur

Technologue.id, Jakarta - Redmi Note 10S dipastikan meluncur di Indonesia pada 18 Mei 2021 besok. Smartphone ini hadir melengkapi jajaran Redmi Note...

Pahami Syarat Transaksi COD di Masing-masing E-commerce

Technologue.id, Jakarta - Metode pembayaran tunai di tempat atau biasa disingkat COD tengah menjadi sorotan lantaran ada kasus konsumen yang enggan membayar...

5 E-commerce yang Sediakan Pembayaran COD

Technologue.id, Jakarta - Selain bank transfer, salah satu metode pembayaran yang masih diminati oleh konsumen e-commerce adalah bayar di tempat alias COD.

BTS dan BlackPink Beri Selamat Atas Mergernya Gojek – Tokopedia

Technologue.id, Jakarta - Boyband asal Korea Selatan, BTS mengucakan selamat atas mergernya dua raksasa teknologi Gojek dan Tokopedia, Senin (17/5/2021). Ucapan selamat...

Wow, Game Resident Evil Laris 3 Juta Copy dalam 4 Hari

Technologue.id, Jakarta - Game Resident Evil: Village jadi seri terbaik di franchise Resident Evil saat ini. Cuma dalam waktu empat hari saja,...

Related Stories