Technologue.id, Jakarta – Google mengklaim telah berhasil mengembangkan kecerdasan buatan (AI) yang mampu menerjemahkan bahasa isyarat menjadi sebuah ucapan. Pencapaian ini akan memudahkan komunikasi dengan mereka yang tidak mengerti bahasa isyarat.

Dilansir dari Ubergizmo pada Rabu (29/1/2020), Google mengatakan tengah berencana mengembangkan teknologi ini agar lebih sempurna dan dapat diandalkan. Jumlah gestur dan gerakan yang bisa dideteksi juga diperbanyak untuk mendukung gerakan dinamis secara real-time.

Baca Juga:
Ngelantur, Facebook Binasakan Pasangan Bot AI

Proses penerjemahan ini nantinya akan menggunakan kamera sebagai media pendeteksi gestur dan gerakan yang kemudian akan menghasilkan terjemahan dalam bentuk ucapan. Dengan begitu, seseorang akan dengan mudah memahami bahasa isyarat.

Sayangnya, teknologi ini hanya bisa digunakan untuk perangkat komputer saja. Namun melihat penetrasi ponsel yang semakin gila terutama di bidang AI, teknologi ini kemungkinan besar akan hadir di ponsel dalam waktu dekat.

Baca Juga:
Merugi, Startup Robotik Binaan Softbank Pecat Karyawan

“Kami percaya bahwa mempublikasikan teknologi ini dapat memberikan dorongan untuk ide-ide kreatif yang baru oleh komunitas peneliti dan pengembang,” pungkas Google.