Technologue.id, Jakarta – Tak cuma dari sebuah perangkat jaringan seperti access point, penyebaran jaringan internet kini juga bisa dilakukan dengan perangkat yang umum digunakan di rumahan, seperti lampu buat Philips yang satu ini.

Mengutip dari TheVerge (20/06/19), Signify, salah satu anak perusahaan Philips, dikabarkan baru saja memperkenalkan lini produk terbaru untuk lampu yang bisa memancarkan sinyal untuk mentransmisikan data. Dan lampu tersebut dinamai Truelifi.

Baca Juga:
Xiaomi Jual Vacuum Cleaner dan Lampu Pintar di Indonesia

Berbeda dengan Wi-Fi, untuk bisa mentransmisikan data, Truelifi memanfaatkan gelombang cahaya. Untuk ke perangkat akhir, seperti laptop dan PC, kecepatannya bisa mencapai 150 Mbps. Sementara jika dihubungkan dengan lampu lainnya, kecepatan transmisi data antar lampu bisa mencapai 250 Mbps.

Signify sendiri rencananya akan memasarkan Truelifi kepada berbagai perusahaan, seperti kantor, rumah sakit, dan lain-lain. Pasalnya, tempat-tempat tersebut dianggap sangat potensial untuk mendapatkan pengguna lebih banyak.

Sayangnya, dikarenakan berbeda dengan teknologi Wi-Fi yang menggunakan gelombang radio, sinyal yang dipancarkan dari lampu saat ini belum bisa dideteksi oleh laptop maupun smartphone secara langsung. Oleh karenanya, pengguna harus memasang USB access key untuk bisa mendapatkan sinyal tersebut.