Cara Cepat Menutup Semua Tab Safari dan Chrome di iPhone

Ilustrasi iPhone 7 Plus dan iPhone 7 (source digitaltrends.com)

Technologue.id, Jakarta – Aktivitas browsing di smartphone bukan lagi hal yang aneh. Jangan heran kalau ada orang (atau mungkin malah Anda sendiri) yang biasa membuka puluhan tab sekaligus di handset-nya dalam sekali sesi browsing. Sebab, versi WeAreSocial pada Januari 2016 lalu, orang Indonesia kini lebih memilih smartphone (43 persen) sebagai gadget utama dibanding laptop (15 persen) atau tablet (4 persen).

Yang kadang-kadang menjadi masalah adalah ketika keasyikan browsing, biasanya tab yang terbuka sudah terlalu banyak. Tak ayal, menutupnya satu-persatu akan menjadi hal yang melelahkan dan buang-buang waktu.

Jika Anda pengguna iOS, ada cara mudah yang bisa Anda tempuh. Ikuti saja trik berikut seperti dikutip dari CNET (29/11/16):

Menutup semua tab di Safari
Pada dasarnya, Safari menyembunyikan opsi close-all-tab. Untik menikmati fitur tersebut, buka ketuk saja tombol tab di bagian kanan bawah yang biasa digunakan untuk menampilkan preview tab yang aktif.

Setelah itu, tap dan tahan tombol ‘Done’ sampai muncul menu baru dari bawah bertuliskan ‘New Tab’ (untuk membuka tab baru) dan Close X Tabs (maksud X di sini adalah jumlah tab yang sedang Anda miliki).

Nah, sampai di sini, sudah tahu kan opsi mana yang harus Anda pilih?

Menutup semua tab di Safari (source: CNET/Matt Elliott)
Menutup semua tab di Safari (source: CNET/Matt Elliott)

Menutup semua tab di Chrome
Di peramban bikinan Google ini, aktivitas tersebut jauh lebih mudah. Pertama, tinggal buka tombol tabs yang juga biasa menunjukkan jumlah tab yang sudah Anda buka. Tombol ini terletak di pojok kanan atas.

Lalu, pilih tombol tiga titik di pojok kanan atas. Kemudian sentuh Close All Tabs dari menu tersebut.

Menutup semua tab di Chrome (source: CNET/Matt Elliott)
Menutup semua tab di Chrome (source: CNET/Matt Elliott)

 

Baca juga:

Asyik, Game Gratisan di iOS Terbukti Makin Banyak!

Layanan SweetEscape Luncurkan Aplikasi Bagi Pengguna iOS

Cara Batalkan Email Salah Kirim di Gmail untuk iOS