Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Cara ColorOS Mendukung OPPO Find X2 Pro dan Find X2 Raih Peringkat Tertinggi di AnTuTu
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - OPPO Find X2 Pro dan Find X2 menduduki peringkat teratas pada daftar AnTuTu versi Mei 2020 dengan skor yang sangat mengesankan. Masing-masing meraih 604.123 dan 600.884 poin, yang berhasil tercapai berkat dukungan sistem operasinya, ColorOS.

Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, produsen ponsel saat ini menciptakan kualitas tingkat tinggi yang hampir sama antara satu dengan yang lainnya, dalam hal pengembangan perangkat keras. Namun, performa sebuah smartphone tidak hanya terwujud karena aspek perangkat kerasnya saja. Faktanya, sistem operasi yang menunjang sebuah smartphone juga memainkan peranan yang vital.

Mempelopori Mesin Memory Anti-Fragmentation

Dengan tujuan untuk memastikan kecepatan dan kelancaran, ColorOS menjadi sistem operasi pertama di industri yang dilengkapi dengan mesin anti-fragmentation. Teknologi ini memungkinkan memori ponsel untuk mengurangi frekuensi fragmentasi memori hingga 99% serta meningkatkan kecepatan pengelolaan blok besar pada RAM hingga 18%. Hal ini juga mengurangi kemungkinan terjadinya splash screen, flashback, dan crash yang disebabkan oleh fragmentasi memori virtual hingga 93%.

"Masalah fragmentasi memori pada sistem Android sudah lama menjadi kritikan pedas. Kami mengatasi tantangan tersebut dengan menghadirkan mesin anti-fragmentation, yang dapat secara signifikan meningkatkan kelancaran pada penggunaan ponsel untuk jangka panjang," jelas Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia, ColorOS.

Optimalisasi yang lebih lancar dengan Peningkatan UI First dan Hyper Boost 3.0

UI First adalah bagian yang sangat penting karena merupakan inti dari teknologi pada sistem OPPO, yang mengatur task scheduling dengan cerdas dan efisien, pembaruan dan pengelolaan memori, serta akses IO. Dengan teknologi ini, ColorOS mampu meningkatkan pemanfaatan RAM hingga 40% dan mendongkrak respon sistem hingga 30%, bahkan pada saat beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan. Selain itu, aplikasi pihak ketiga dapat memanfaatkan interface dan fungsi yang tersedia di UI First untuk penggunaan memori yang lebih efektif. Terlebih lagi, UI First pada ColorOS 7.1 telah ditingkatkan untuk menambah kecepatan ketika menginstal, membuka, dan loading aplikasi.

Hyper Boost adalah sebuah teknologi untuk meningkatkan kemampuan scene boost, kecerdasan frame rate, dan optimalisasi sentuhan pada layar. Selain meningkatkan keseluruhan performa pada user interface, teknologi ini juga meningkatkan daya tahan baterai dengan menyeimbangkan konsumsi daya dan kinerja. Hyper Boost bekerja dengan cara mengaktifkan komunikasi dua arah secara real-time antara aplikasi dan sistem, sehingga dapat mengoptimalkan alokasi sumber daya sistem secara menyeluruh.

Hyper Boost (Sumber: www.oppo.com)

OPPO Find X2 Pro dan Find X2 dilengkapi dengan Hyper Boost 3.0 terbaru yang mempercepat sesi loading pada game dan meningkatkan kecepatan respon pada interaksi layar secara signifikan, serta meningkatkan frame rate hingga 19% dan respon layar sentuh hingga 38% ketika bermain game. Para pengguna akan merasakan proses yang jauh lebih cepat dan mulus, namun tetap hemat baterai.

"Jika Anda seorang gamer, Hyper Boost memungkinkan Anda untuk menikmati pengalaman game yang lebih memuaskan, serta dapat berfungsi dengan aplikasi lain di ponsel Anda. Hyper Boost memberikan kinerja ponsel yang lebih baik, dan pada saat yang sama Anda dapat menghemat konsumsi baterai," tambah Aryo Meidianto.

ColorOS 7.1 hadir dengan penyempurnaan pada keseluruhan sistem yang mendukung refresh rate tinggi yakni 120Hz, meningkatkan frame rate video untuk menunjang motion picture agar lebih mulus dan kualitas gambar yang jauh lebih baik, sehingga dapat memberikan pengalaman menonton yang lebih memuaskan.

Pelengkap lainnya pada ColorOS 7.1 adalah Mesin O1 Ultra Vision MEMC (Motion Estimation and Motion Compensation) yang dimilikinya, yang dapat melakukan peralihan tampilan secara cerdas (intelligent swtich) dari 60Hz ke 120Hz. MEMC memastikan efek tampilan visual terbaik untuk pengalaman menonton yang lebih mengesankan.

"Kami percaya bahwa sebuah ponsel yang dapat berfungsi dengan sangat mulus tidak terlepas dari dukungan sistem operasi yang handal. Hanya ketika produsen ponsel dapat memadukan kinerja software dan hardware dengan tepat, jalan menuju masa depan perangkat seluler yang lebih maju dapat terbuka," tutup Aryo Meidianto.

SHARE:

Inovasi Smartphone Terbaik di 2023, Fitur Layar Lipat hingga Pengisian Daya Baterai Cepat

Oppo Perluas Fitur Fotografi HyperTone ke Seri Find N dan Reno