Cara Daftar TikTok Shop untuk Jualan Online

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Media sosial TikTok menyediakan tempat khusus untuk melayani penjualan lewat TikTok Shop.

TikTok Shop ini memiliki halaman sendiri agar penjual bisa memasukkan produk dan melakukan penjualan di TikTok secara langsung tanpa perlu membuat konsumen keluar dari aplikasi.

Cara membuat TikTok Shop cukup mudah, hanya membutuhkan KTP saja. Tujuan dari mengunggah foto KTP adalah agar sistem di TikTok tahu bahwa penjual adalah nyata dan tidak bermaksud melakukan penipuan.

Baca Juga:
TikTok Resumes, Lamar Kerja Pakai Video

Kalaupun ada kegiatan penipuan, sistem dari TikTok akan dengan mudah mengetahui siapa yang melakukan penipuan atau pelanggaran lain. Hal ini tentunya bertujuan untuk melindungi konsumen dari penjual nakal.

Selain itu, penjual juga perlu menunggu waktu kurang lebih 1 hari agar akun TikTok Shop penjual diverifikasi oleh sistem TikTok.

Ini dia beberapa langkah mudah yang perlu calon penjual lakukan untuk membuat akun TikTok Shop:

  • Buka TikTok Shop Seller Center, atau bisa langsung klik link ini https://seller-id.tiktok.com/account/welcome
  • Jika sudah mendapatkan kode verifikasi, masukkan kode tersebut kemudian klik Log in
  • Setelah itu, calon penjual akan diminta untuk verifikasi kontak informasi dengan mengisikan alamat email dan kode verifikasinya. Lalu klik Next
  • Setelah itu, akan muncul halaman untuk mengisikan detail toko penjual, yaitu alamat dan nomor handphone yang masih aktif.
  • Jika sudah, akan muncul tampilan Set Up. Nah tapi, penjuak belum bisa mengunggah foto produk. Hal ini karena penjual belum mengunggah foto KTP. Jika ingin tetap mencoba upload foto produk, tombol Submit tidak akan bisa diklik karena belum memenuhi syarat administrasi yang ditentukan. Untuk itu, penjual perlu mengunggah foto KTP.

Baca Juga:
Siap-siap, Video TikTok Bakal Lebih Panjang, Sampai 3 Menit

Mengunggah KTP pun caranya mudah. Klik Verify Documents, lalu klik Upload Documents. Kemudian akan muncul Seller Information berupa jenis bisnis dan nama toko yang bisa dipilih sesuai jenis bisnis dan nama toko.

Kemudian pilih Verify Personal Information yang dapat dilakukan dengan menggunakan KTP atau passport.

Kemudian klik Add File dan masukkan foto KTP. Klik Submit

Selesai! Akun TikTok Shop sudah jadi dan penjual bisa langsung mengunggah produk-produk jualan tersebut.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories