Cara Downgrade dari iOS 11 Beta ke iOS 10

Ilustrasi iOS 11 (source: Apple)

Technologue.id, Jakarta – Tahun ini, Apple telah menyediakan pembaruan termutakhir pada sistem operasi mobile buatannya, iOS 11. Diumumkan di Worldwide Developer Conference (WWDC) Juni lalu, iOS 11 membawa beberapa perubahan, di antaranya digabungkannya lock screen dan notification center, adanya fitur Do Not Disturb While Driving, hingga native support QR code scanner dalam aplikasi kameranya.

Akan tetapi, di versi betanya, iOS 11 juga mengandung kelemahan di sana-sini. CNET (08/07/17) menuliskan bahwa animasi di iOS 11 kurang mengalir, ada beberapa bug, hingga aplikasi yang sering crash.

Nah, apabila Anda mengalami hal serupa, barangkali kembali ke iOS 10 adalah solusi terbaik untuk saat ini. Bagaimana caranya? Silakan ikuti tutorial singkat berikut ini.

1. Bukalah Apple Beta Software Program dan unduh restore image iOS 10.3.3 yang sesuai dengan perangkat Apple Anda. Bersabarlah, karena file IPSW ini berukuran lebih dari 1GB.

2. Buka iTunes dari PC atau laptop Anda dan perbarui ke versi terbaru. Caranya, bisa dengan membuka iTunes, lalu klik opsi Check for Updates.

3. Koneksikan perangkat iOS Anda ke PC atau laptop tadi dan masuklah ke Recovery Mode.
Khusus untuk iPhone 7 dan 7 Plus, cara untuk masuk ke Recovery Mode adalah dengan menekan selama beberapa saat tombol Sleep/Wake plus volume down. Sementara gadget yang lebih lama bisa melakukannya dengan cara menahan tombol Sleep/Wake dan Home. Saat logo Apple keluar, tetap tahan kombinasi tombol itu hingga logo konek ke iTunes muncul.

4. Setelah proses sebelumnya berhasil, laptop atau PC Anda akan menampilkan notifikasi adanya problem dengan device Anda. Lalu, Anda akan menjumpai opsi Restore dan Update.
Klik tombol Restore dengan menekan tombol Shift di keyboard Anda untuk memunculkan custom command (atau Option-click di Mac). Kemudian, pilih file IPSW yang telah Anda download sebelumnya. Kalau sudah, klik Restore.

Tak lama, device Anda akan reboot dan menjalankan perintah restore ke iOS 10.3.3. Begitu proses selesai, Anda bebas memilih apakah akan menjadikannya sebagai perangkat baru atau mengembalikan backup yang Anda buat ketika masih menjalankan iOS 10. Jika tak menemukan opsi backup secara langsung, lakukan restore backup dari iCloud.

Semoga tips yang disadur dari CNET (08/07/17) ini bisa membantu Anda mengembalikan performa gadget Apple kesayangan atas ketidaksempurnaan iOS 11 untuk saat ini.

 

Baca juga:

Agar Bisa Fokus Menyetir, Aktifkan Do Not Disturb di iOS 11 Anda

Ini Daftar Perangkat Apple yang Tidak Dapat iOS 11

Mau Kantong Cepat Tebal? Bikin Aplikasi di iOS!