Cara Jadikan Facebook Messenger Sekretaris Pribadi Anda

Ilustrasi Facebook Messenger (source: TechnoBuffalo)

Technologue.id, Jakarta – Di dunia digital kekinian, Anda punya banyak pilihan aplikasi chatting, mulai dari WhatsApp, BBM, Telegram, Line, sampai Facebook Messenger. Nama terakhir yang disebut itu belakangan cukup populer. Pasalnya, dari perkembangan terakhir, instant messenger itu sudah punya 1,2 miliar pengguna.

Barangkali, salah satu fitur yang disukai user Messenger adalah ketersediaan bot bernama Jarvis. Bot tersebut punya kemampuan untuk mengingatkan Anda akan hal-hal penting yang dibuat saat chatting, seperti membelikan belanjaan di supermarket sampai ajakan reuni di grup berisi teman-teman semasa Sekolah Dasar.

Makanya, sedikit banyak, Messenger jadi berperan seperti sekretaris pribadi yang biasa mengatur jadwal Anda di tengah kesibukan agar tidak ada yang terlewat.

Untuk men-setup reminder di Facebook Messenger ini caranya cukup mudah. Ikuti saja cara-cara yang sudah redaksi sadur berikut dari AddictiveTips (12/04/17):

1. Buka Messenger dan grup atau user di mana Anda ingin menyimpan pengingat ini nantinya. Lalu, tap tombol bersimbol plus di sebelah input teks. Sebuah menu bakal muncul dengan membawa sejumlah perintah, seperti berbagi foto, video, dan lokasi. Pilihlah ‘Reminder’ yang simbolnya seperti bel kecil.

2. Pilih waktu dan tanggal yang Anda kehendaki atau ditujukan untuk mengingatkan Anda. Kalau sudah, pilih ‘Save’.

3. Setelah Reminder Anda sukses dibuat, maka lawan bicara atau anggota grup Anda akan melihat sebuah event pengingat. Secara default, pengingat tersebut tak punya nama, tetapi Anda bisa mengeditnya dengan menyentuh link ‘Name Plan’ di bawah bubble event tersebut.

4. Nantinya ketika waktu reminder tiba, Messenger bakal melemparkan pengingat berisi nama event, jam, dan tanggalnya kepada Anda dan lawan bicara atau anggota grup di mana reminder itu dibuat.

Sekadar pengingat, detail tersebut tak akan muncul apabila Anda pernah men-disable notifikasi Facebook Messenger. Selamat mencoba!

 

Baca juga:

Jumlah Pengguna Facebook Messenger Tembus 1,2 Miliar

Mantap, di Facebook Messenger Ada Artificial Intelligence-nya!

Cara Memakai Live Location, Fitur Messenger untuk Berantas “OTW Bro!”