Cara Memakai Live Location, Fitur Messenger untuk Berantas “OTW Bro!”

Fitur baru Messenger, Live Location (source: Facebook)

Technologue.id, Jakarta – Hari ini (28/03/17), Facebook resmi menggulirkan fitur Live Locations di Messenger. Fitur yang tersedia untuk pengguna iOS maupun Android ini bakal bisa dinikmati oleh user Messenger di seluruh dunia.

Sekilas, fitur ini berguna untuk membagikan lokasi Anda secara real-time ke user yang Anda tuju. Dengan fitur ini, Anda bisa dengan mudah mengabarkan pada rekan atau keluarga sudah seberapa dekat Anda dengan rumah atau lokasi pertemuan tertentu yang telah dijanjikan.

Di samping itu, orang-orang yang biasa menyalahgunakan istilah ‘OTW’ padahal ia belum memulai perjalanan tak akan bisa lagi berbohong.

Bagaimana cara kerja fitur ini? Simak langkah-langkah beserta penjelasannya berikut ini:

1. Untuk berbagi Live Location di dalam pesan pada perangkat iOS, tekan ikon ‘Location’ atau tekan ikon ‘More’ dan kemudian pilih ‘Location’. Sementara Untuk pengguna Android, langkahnya tak jauh berbeda.

2. Jika pertama kali menggunakan fitur ini, Anda akan menjumpai notifikasi berjudul Make Meeting Up Easier’ beserta deskripsi singkat dari fitur Live Location. Tekan opsi ‘Ok’ untuk memulai dan ‘Allow’ saat Messenger meminta background location bekerja.

3. Nantinya di bagian bawah window chat, Anda akan melihat peta dan lokasi Anda berada. Tekan baris biru bertuliskan ‘Share Live Location’ untuk mulai menggunakan fitur ini.

Jika Anda memilih untuk berbagai Live Location dengan teman atau group Anda, mereka dapat melihat keberadaan Anda di peta selama 60 menit ke depan. Terdapat pula estimasi waktu sampai ke tujuan yang dapat dilihat Anda dan user lain yang menerima sharing Live Location Anda tadi.

Sebuah jam kecil di bagian kanan bawah pojok di peta akan menunjukkan Anda berapa lama lagi Anda dapat membagikan lokasi Anda.

4. Untuk berhenti membagikan Live Location, Anda dapat melakukannya kapan saja dengan menekan ‘Stop Sharing’.

Semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

Kesal Sering Dibohongi Pakai Kata ‘OTW’? Facebook Punya Solusinya!

Kerajaan Facebook Siap Sambut Putri Mahkota Baru

Cara Facebook Cegah Orang Bunuh Diri

loading...