Technologue.id, Jakarta – Bagi sebagian besar pengguna Apple, pembaruan  iOS menjadi salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu selain iPhone seri terbaru. Hal ini tak mengherankan karena pada setiap upgrade sistem operasinya, Apple kerap menawarkan banyak perbaikan sistem dan tentunya tampilan yang lebih menarik.

Tapi alangkah mengejutkan ketika merilis iOS 10 pada September 2016 lalu, Apple tak menuai pujian seperti biasanya. Malah tak sedikit pengguna Apple yang tak suka dengan perubahan yang diberikan sampai memunculkan tagar #RIPSlideToUnlock di Twitter. Para fans setia Apple tersebut merasa kehilangan fitur klasik ‘Slide to Unlock’ dan merasa tak nyaman dengan ‘Press Home to Unlock’.

Fitur ‘Press Home to Unlock’ pada iOS 10 tak disukai karena menyebabkan user sering salah paham dengan iPhone-nya sendiri. Niat awal hanya memeriksa notifikasi, malah berakhir dengan meng-unlock ponsel.

Jika Anda masih merasa kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan screen lock tersebut, lakukan saja langkah yang dikutip dari AddictiveTips berikut ini:

- Advertisement -

1. Buka Settings, lalu pilih General.

2. Sentuh opsi Accessibility, kemudian cari Home Button.

3. Sesampainya di sini, Anda bisa menyalakan opsi ‘Rest Finger to Unlock’

Dengan diaktifkannya ‘Rest Finger to Unlock’, maka dengan memencet tombol home sekali, iPhone Anda akan mendeteksi sidik jari Anda. Kalau berhasil, maka home screen akan ditampilkan langsung.

Sekadar informasi, secara default, Anda harus memencet tombol home dua kali untuk meng-unlock iPhone ber-iOS 10. Di sentuhan pertama, screen akan aktif dan menampilkan perintah ‘Press Home to Unlock’. Sentuhan kedualah baru Anda akan dibawa ke tampilan home.

 

Baca juga:

Cara Menyembunyikan Predictive Text Bar di iOS 10

Coba Tebak, Snapchat Lebih Populer di Pengguna Android atau iOS?

76 Persen Perangkat Apple sudah Gunakan iOS 10