Technologue.id, Jakarta – Para pengguna (user) Google Chrome tentu sudah tak asing lagi dengan mode incognito browsing. Fitur yang mengizinkan user untuk menjelajahi dunia maya tanpa meninggalkan jejak itu punya banyak kegunaan, contohnya menjaga keamanan akun pribadi ketika menggunakan komputer publik.

Akan tetapi, tim Technoloue.id yakin tak sedikit user yang kesal saat ada tab yang secara tidak sengaja tertutup. Sebab, mode incognito di Chrome tidak bisa me-restore tab tersebut.

Namun tahukah Anda, sebenarnya mode incognito di Chrome juga bisa menyimpan riwayat situs yang Anda kunjungi? Browser Chrome yang bisa melakukan aktivitas tersebut adalah yang telah terpasang oleh ekstensi Off The Record History.

Untuk mencobanya, pasang dulu ekstensi Off The Record History lewat link berikut. Kemudian, buka Chrome://extensions dan pastikan opsi ‘Allow in incognito’ pada ekstensi ini sudah tercentang.

- Advertisement -

Setelah itu, Anda pun bisa langsung meluncur ke window incognito dan mulai browsing.

Perlu diingat, begitu ekstensi ini aktif, setiap link yang Anda akses di mode incognito bakal tersimpan sementara. Klik saja ikon Off The Record History di sebelah kanan Chrome untuk melihat riwayat browsing di private mode  itu. Di sana, Anda bisa membukanya dengan meng klik link yang dimaksud atau menghapusnya dengan meng klik ikon tong sampah.

Nah, begitu Anda menutup window incognito, history yang disimpan ekstensi tersebut akan dihapuskan. Alhasil, sesi incognito selanjutnya tetap bersih tanpa ada jejak sebelumnya.

gambar –> http://www.addictivetips.com/web/save-a-temporary-history-of-your-incognito-browsing-session-in-chrome/

 

Share this