Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Cara Perbaiki Lag Saat Main Free Fire di Ponsel RAM 1GB
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Free Fire adalah salah satu game mobile battle royale paling populer di dunia dengan karakter yang unik. Di dalam arena, pemain akan turun ke sebuah pulau terpencil bersama 50 pemain lain untuk mencari senjata dan peralatan. Pemain akan bertarung satu sama lain sampai hanya ada satu pemain yang tersisa.

Dengan grafik yang ringan, Free Fire dapat dimainkan di perangkat kelas bawah dengan RAM 2GB atau bahkan 1GB RAM. Namun, ini masih merupakan game battle royale dengan banyak hal yang harus dirender, sehingga pemain mungkin akan mengalami masalah lag jika menggunakan perangkat Android RAM 1GB.

Berikut cara memperbaiki lag dalam Free Fire dengan ponsel RAM 1GB dan memiliki pengalaman bermain yang lebih baik dengan mudah.

Kosongkan Memori Ponsel

RAM 1GB hanya cukup untuk menjalankan Free Fire di ponsel dan tidak ada yang lain. Jadi, bagaimana cara memainkan Free Fire di ponsel RAM 1GB tanpa lag?. Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum membuka Free Fire adalah membersihkan RAM ponsel. Pemain perlu membebaskan RAM untuk memiliki pengalaman terbaik dalam Free Fire.

Berikut adalah hal-hal yang dapat dilakukan untuk membebaskan RAM di perangkat Android:

  • Menghentikan aplikasi di latar belakang: Luncurkan layar Aplikasi Terbaru kemudian Hapus semua untuk menghapus aplikasi di latar belakang.

Periksa Koneksi Internet

  • Copot pemasangan aplikasi yang tidak penting: Menutup aplikasi latar belakang hanya membebaskan RAM untuk sementara waktu sehingga pemain perlu mencopot atau menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan dalam sistem. Buka Semua Aplikasi di Pengaturan untuk menemukan dan menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan.
  • Hapus Widget dan Wallpaper Hidup: Hal-hal ini membuat ponsel akan terasa lebih baik, tetapi hal itu juga memakan banyak RAM. Hapus saja semua Widget di layar ponsel dan ubah Wallpaper menjadi gambar.
  • Nonaktifkan Animasi & Transisi: Hal ini akan membuat ponsel tampak lebih halus dan keren dengan mengorbankan banyak RAM. Pertama, buka kunci opsi Pengembang dengan masuk ke "Pengaturan-> Tentang ponsel" dan ketuk "Buat nomor" hingga tidak terkunci. Lalu pergi ke "Pengaturan-> Opsi pengembang" untuk menonaktifkan "Skala animasi Jendela", "Skala animasi transisi" dan "Skala durasi animator".
  • Bersihkan cache Free Fire:  Buka Semua Aplikasi di Pengaturan dan temukan Free Fire. Sekarang ketuk Free Fire dan kemudian "Clear Cache" untuk menghapus semua data yang berlimpah.

Kadang-kadang game menjadi lamban bukan hanya karena RAM, tetapi karena sambungan internet juga. Berikut adalah beberapa tips tentang cara memperbaiki lag di Free Fire dengan sambungan internet yang lebih stabil:

  • Jika pemain menggunakan koneksi WiFi, cobalah untuk tetap sedekat mungkin dengan router.
  • Periksa apakah ada aplikasi VPN yang berjalan di ponsel. Aplikasi VPN akan memperlambat koneksi internet, terutama yang gratis, dan terkadang, pemain lupa mematikannya setelah menggunakannya.
  • Sambungan data mungkin lebih baik daripada koneksi WiFi dalam banyak kasus. Cobalah untuk tetap berada di luar jika menggunakan koneksi data.

Gunakan Fire GFX Tool

Fire GFX Tool adalah aplikasi yang membuat pemain dapat menyesuaikan grafik, FPS, dan Resolusi dalam game Free Fire yang biasanya tidak bisa dilakukan. Bahkan dapat membantu membersihkan RAM hanya dengan satu tombol. Banyak pemain Free Fire telah mencoba menggunakan aplikasi Fire GFX Tool ini dan mendapatkan hasil yang baik. Berikut adalah panduan dalam menggunakan aplikasi ini.

  • Resolusi: Agar dapat bermain semulus mungkin, atur ke 690 x 540, yang merupakan resolusi terendah. Tapi Free Fire akan terlihat sangat buruk dengan resolusi ini sehingga memilih resolusi 1280 x 720 adalah pilihan tepat untuk grafis dan kinerja terbaik.
  • FPS: Opsi ini akan membuka kunci framerate dari Free Fire. Pilih 60 FPS untuk pengalaman paling lancar tetapi opsi 40 FPS atau 50 FPS juga tidak terlalu buruk jika ingin menghemat baterai.
  • Grafik: Pilih "So Smooth".
  • Bayangan: Pilih Nonaktifkan untuk mematikan semua bayangan, karena ini adalah opsi yang paling menguras RAM di semua game.
  • Style: Hal ini hanya memengaruhi warna dalam game, sehingga pemain dapat memilih mana yang diinginkan.
  • Grafik API: Setel opsi ini ke X4 memang akan membantu objek dalam permainan terlihat lancar, tetapi akan memakan banyak RAM. Pilih Nonaktifkan untuk mematikannya agar lebih banyak FPS dan gameplay lancar.

Setelah pemain menyesuaikan semuanya, ingatlah untuk menekan "Simpan" untuk menyimpan pengaturan terbaru. Pemain kemudian dapat menekan "Run" untuk menutup semua aplikasi latar belakang dan mulai bermain Free Fire. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa Booyah!.

SHARE:

Dear Perempuan, Wajib Punya Deretan Aplikasi Ini di Smartphone

Viral Modus Mencari Pekerja, Ancam Korban hingga Minta Foto Pakai Bra