Cara Presiden Jokowi Pakai Medsos – 2016 Tahun Kehancuran Apple?

Presiden Jokowi menyaksikan laga timnas via streaming (twitter / jokowi)

Technologue.id, Jakarta – Selamat pagi, selamat tahun baru! Semoga di tahun baru 2017 ini, kesuksesan dan segala kebaikan bisa diraih TechnoloGeek lebih baik dari tahun 2016 yang sudah berlalu.

Mengawali tahun baru 2017, TechnTOLogy mencoba menyajikan rangkuman berita di pekan terakhir tahun 2016. Apa saja yang ada di rangkuman berita khas Technologue.id kali ini?

1. 2016 Jadi Tahun Kehancuran Apple?

Taji iPhone sebagai komoditas terlaris mereka melunak. Penjualan iPhone pun terpantau menurun untuk pertama kalinya sepanjang sejarah pada Q1 2016 karena ‘hanya’ berhasil menjual 51 jutaan unit. MacBook Pro terbaru mereka diganjar review buruk. Dalam uji coba yang dilakukan Consumer Reports, masing-masing dari tiga model MacBook Pro teranyar punya kelemahan di sisi baterainya. Masih banyak wanprestasi Apple di tahun 2016 kemarin.

2. Cara Presiden Jokowi Manfaatkan Medsos

Presiden Joko Widodo pun resah karena pemanfaatan medsos oleh masyarakat tak tepat dan cenderung berdampak negatif. Data yang dikantongi Jokowi memaparkan bahwa kini ada 132 juta pengguna internet aktif di Indonesia. Jumlah itu mencakup sekitar 52 persen dari total penduduk senusantara.

3. SMS Tak Laku Selama Perayaan Natal

Tren penggunaan media sosial dan pengiriman pesan melalui berbagai aplikasi memberi pengaruh pada traffic secara umum. Trafik data di hari Natal meningkat menjadi sekitar 2,232.04 Terabyte/hari, atau naik 19,14 persen dibandingkan trafik data reguler pada hari biasa. Ini mempengaruhi penggunaan layanan telekomunikasi lainnya, SMS yang paling besar terkena dampak.

4. Waspadai Marketplace yang Masih Baru Ini!

Tak sepopuler Lazada, Bukalapak, atau Tokopedia. Akan tetapi, anak perusahaan Indosat Ooredoo itu tak bisa diremehkan.

5. Wow, Robot Gundam di Dunia Nyata Sudah Ada!

Masa depan teknologi robot seperti akan cerah ketika perusahaan asal Korea Selatan itu memamerkan prototipe robot berpilot belum lama ini. Konsep kerja robot bernama Method-2 itu mirip dengan Gundam di kisahnya, karena robot seberat 1,3 ton itu dikendalikan oleh manusia.