Technologue.id, Jakarta – Apakah baterai laptop Anda sekarang lebih cepat habis ketimbang saat awal membelinya dulu? Jika iya, maka hal itu wajar saja. Sebab baterai laptop akan semakin menurun performanya seiring berjalannya waktu.

Mengganti baterai laptop dengan yang baru adalah solusi yang paling aman untuk mengatasi problem ini. Namun jika Anda masih ragu apakah sekarang saat yang tepat untuk membeli baterai baru untuk laptop tercinta Anda, tak ada salahnya untuk memeriksa dulu kesehatan baterai tersebut.

Untuk mengecek laptop bertenaga Windows 10 caranya gampang kok. Buka saja Command Prompt dari Start Menu atau ketik ‘cmd’ di Run. Begitu jendela Command Prompt terbuka, masukkan command berikut powercfg/batteryreport dan tunggu beberapa saat.

Setelah proses tersebut usai, buka file battery-report.html di lokasi yang tertulis di Command Prompt tadi. Di sana, akan terpapar beragam laporan terkait performa baterai laptop Anda, mulai dari informasi baterai yang terpasang, durasi penggunaan daya terakhir, sampai riwayat kapasitas baterai.

- Advertisement -

Di sini, cara termudah untuk mengamati performa baterai Anda adalah dengan membandingkan kapasitas asli baterai dengan kapasitas ketika terisi penuh. Saat perbandingannya semakin timpang atau sudah lebih dari setengah, mungkin itulah saatnya Anda perlu membeli baterai baru.

 

Baca juga:

5 SHORTCUT RAHASIA NAN PENTING DI WINDOWS 10

TIPS MENAMBAHKAN HIBERNATE DI START MENU WINDOWS 10

MIRIS, MICROSOFT CUMA JUAL 1,2 JUTA SMARTPHONE BELAKANGAN INI!