Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
"Cek Ombak" Siaran TV Digital Bisa Lewat Aplikasi Ini
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Pada 30 April 2022 nanti siaran TV analog di Indonesia akan mulai dimatikan untuk tahap pertama. Seperti diketahui, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan memulai proses pergantian siaran TV digital dan penghentian TV analog atau Analog Switch Off (ASO).

Rencananya, program akan dilakukan secara bertahap yang dimulai 30 April-2 November 2022. Selain itu, Kominfo juga membagikan informasi mengenai cara cek sinyal TV digital di berbagai daerah dengan menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Sinyal TV Digital.

Aplikasi ini nantinya dapat membantu masyarakat untuk dapat mengecek wilayah mana saja yang sudah terjangkau siaran TV digital.

Baca juga:
Mengenal Perbedaan TV Analog dengan TV Digital yang Perlu Diketahui

Aplikasi Sinyal TV Digital dapat diunduh di Play Store maupun App Store. Aplikasi dengan ukuran download 7,77 MB ini bisa digunakan secara gratis oleh masyarakat.

Melalui aplikasi pengguna bisa mengetahui apakah sinyal TV digital lemah, buruk atau bahkan hilang semua. Selain itu, juga terdapat fitur detail mengenai sinyal TV dan melakukan cek jangkauan TV digital.

Program ASO tidak akan dilakukan secara serentak dan dibagi menjadi tiga tahap. Dengan begitu, setiap wilayah akan memiliki jadwal siaran TV digital yang berbeda-beda. Oleh karena itu, aplikasi ini akan sangat membantu masyarakat untuk dapat mengetahui tentang jangkauan siaran TV digital.

Berikut cara menggunakan aplikasi Sinyal TV Digital:
1.Pastikan terlebih dahulu Anda sudah mengunduh aplikasi Sinyal TV Digital di Paly Store atau Apple Store.
2.Setelah berhasil terunduh, kemudian buka aplikasi dan izinkan akses lokasi Anda.
3.Kemudian tampilan aplikasi akan segera berubah menjadi peta sesuai dengan lokasi di mana Anda berada.
4.Lalu pilih menu “Legend” yang berada di bagian kiri bawah. Di menu ini akan menyajikan informasi lokasi sinyal televisi terlemah hingga terkuat berdasarkan warna apa yang muncul pada peta tersebut.

Dengan membaca peta sebaran pemancar sinyal TV digital tersebut pada aplikasi, masyarakat dapat memeriksa apakah saluran TV digital di daerahnya tersedia atau tidak.

SHARE:

Indosat Smart Internet Dorong Efisiensi Operasional Bisnis

Trending Topik Joe Biden Mundur dari Pencalonan Presiden AS Kembali