China Hadirkan Pesan 5G pengganti SMS

Technologue.id, Jakarta – Tiga operator asal Negeri Tirai Bambu, China Mobile, China Telecom, dan China Unicom baru saja menggelar konferensi online merilis Pesan 5G. Layanan ini merupakan peningkatan dari layanan pesan singkat (SMS).

Dilansir dari Gizchina pada Kamis (9/3/4/2020), Pesan 5G ini memungkinkan pengguna mengirim pesan tanpa limit karakter. Dimana biasanya pada layanan SMS hanya mampu menampung sekitar 160 karakter.

Baca Juga:
Smartphone 5G akan Hilangkan Tren Kamera Pop-up?

Layanan Pesan 5G ini juga akan mendukung berbagai format media termasuk teks, gambar, audio, video, emotikon, dan kontak. Selain itu, layanan pesan teranyar ini memungkinkan pesan online dan pesan offline serta menyediakan status report dan pengelolaan history.

Pesan 5G akan menghadirkan mode interaksi manusia-komputer dengan teknologi terbaru. Pada jendela pesan, pengguna dapat menggunakan layanan komplit dari satu platform, seperti search, discovery, interkasi dan pembayaran.

Sayangnya, layanan Pesan 5G ini hanya bisa digunakan kesesama pengguna 5G. Tidak seperti SMS biasa yang bebas mengirim pesan ke nomer mana saja.

Dalam perilisan ini, sebelas perusahaan termasuk Huawei, Samsung, Vivo, OPPO, ZTE, Lenovo, Meizudan, dan Xiaomi ikut ambil bagian. Mereka siap menindaklanjuti teknologi perpesanan terbaru ini.

Baca Juga:
Huawei Tunda Sementara Peluncuran 5G di Eropa

Beberapa OEM bahkan langsung berencana mengadopsi layanan pesan 5G ini. Huawei misalnya, akan memulai pengujian fitur ini mulai 10 April mendatang dan menargetkan untuk mengkomersialkannya pada Juni 2020.

Sampai saat ini fase pengujian hampir berakhir dan proyek Pesan 5G ini akan memasuki tahap komersial. Dengan begitu, kita akan memasuki babak baru dalam industri perpesanan

Recent Articles

Data Pelanggan Bocor, Telkomsel Janji Berbenah

Technologue.id, Jakarta - Telkomsel secara resmi menyatakan komitmennya dalam menjaga keamanan data pelanggan. Anak perusahaan Telkom Group tersebut mengaku akan berbenah agar...

Kisah Hidup Karakter Antonio dari Free Fire

Technologue.id, Jakarta - Free Fire adalah game mobile battle royale paling populer di dunia saat ini. Game ini memiliki sistem karakter yang...

TikTok Hapus 50 Juta Video Bermasalah di Paruh Kedua 2019

Technologue.id, Jakarta - Aplikasi media sosial TikTok mengatakan bahwa pihaknya telah menghapus lebih dari 49 juta video dari platformnya selama paruh kedua...

Bercerai dengan Intel, Segini Keuntungan yang Didapat Apple

Technologue.id, Jakarta - Dalam gelaran WWDC 2020, Apple mengkonfirmasi perpisahannya dengan Intel. Sejumlah pihak menilai keputusan ini diambil guna menghemat pengeluaran perusahaan.

WFH Bikin Penjualan PC Meningkat Secara Global

Technologue.id, Jakarta - Pandemi Covid-19 banyak mengubah paradigma tentang banyak hal, termasuk bisnis. Beberapa industri ada yang berdampak sangat buruk, namun di...

Related Stories