China Siapkan Sistem Komunikasi Anti-Hack

China Siapkan Sistem Komunikasi Anti-Hack (source: Telegraph)

Technologue.id, Jakarta – China dikabarkan tengah mempersiapkan sebuah sistem komunikasi yang tidak bisa diretas. Sistem komunikasi kuantum tersebut dipersiapkan untuk dapat digunakan oleh 200 user yang terdiri dari pemerintahan, keuangan dan militer pribadi di kota Jinan.

Dikutip dari Telegraph (26/7/2017),  Institusi Teknologi Kuantum Jinan mengatakan, teknologinya telah melalui uji coba pada awal bulan ini. Sehingga, diharapkan teknologi tersebut dapat digunakan secara komersial pada bulan Agustus mendatang.

Teknologi komunikasi yang mereka gunakan memanfaatkan kunci kuantum dalam mengirimkan pesan. Dengan demikian, koneksinya diklaim jauh lebih aman dibandingkan kabel internet atau telepon yang ada saat ini, yang dinilai sangat mudah untuk disadap dan dipantau oleh pihak luar.

Jaringan kuantum tidak seperti sistem tradisional, akrena akan mengirimkan pesan dengan cara menanamkannya di dalam partikel cahaya. Jika ada upaya pihak ketiga untuk meretas jaringan, maka secara otomatis partikel kuantum akan mengubah komunikasi yang menyebabkan pengirimannya gagal, sehingga pesan di dalamnya tidak mungkin terbaca atau dihalangi.

“Kami berencana menggunakan jaringan ini dalam menjaga kemanan nasional, keungan dan bidang lainnya, dan berharap dapat menyebarkannya sebagai pilot yang jika berhasil dapat digunakan di seluruh China dan seluruh dunia,” tutur Zhou Fei, Asisten Direktur Institusi Teknologi Kuantum Jinan.

Jaringan kuantum sendiri merupakan temuan ilmiah baru Negeri Tirai Bambu tersebut. Hal itu lahir setelah pemerintah China di awal bulan mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk menjadi pemimpin global dalam bidang artificial intelligence (kecerdasan buatan) pada tahun 2030 mendatang.

Baca juga:

Di China, Galaxy J7 (2017) Digosipkan Berkamera Ganda

Pakai 400 Lebih iPhone, Tiga Pria China Jalankan Bisnis “Gaib” Digital

Awal Tahun 2017, Trio Vendor Smartphone China Catatkan Rekor Positif