Chip Google Tensor Adalah Samsung Exynos?

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Google memperkenalkan smartphone terbaru Pixel 6 series bersamaan dengan debut chipset Tensor buatan Google sendiri. Berbekal prosesor in-house ini, raksasa mesin pencari itu mengatakan bahwa ini menjadi smartphone pixel yang paling powerful yang pernah ada.

“Tensor dibangun dari pengalaman komputasi kami selama 2 dekade dan ini merupakan inovasi terbesar kami di Pixel hingga saat ini,” ujar Sundar Pichai, CEO Google, kala mengumumkan kehadiran Pixel 6 secara resmi pekan lalu.

Lebih lanjut dia menambahkan bahwa core-core ini akan menghadirkan fitur yang sama sekali baru, ditambah peningkatan pada yang sudah ada, bersama dengan teknologi AI dan machine learning paling inovatif.

Baca Juga:
Mengenal Tensor, Chip Bikinan Google di Pixel 6

Sayangnya Google tidak membagikan detail spesifikasi dari chipset itu, termasuk informasi soal CPU, GPU dan fabrikasinya.

Chipset itu memang tidak membawa desain yang luar biasa, melainkan sebuah desain yang sangat sederhana dengan adanya logo Google. Chipset tersebut dilaporkan menjadi milik Exynos 9855, chipset berikutnya dari Samsung

Sebagai informasi, Exynos 2100 tidak lain adalah Exynos 9840 secara internal. Exynos 2200 (9855 internal) yang akan datang akan menggantikan chipset ini. Samsung ditengarai telah menjual chipsetnya kepada Google. Informasi ini berdasarkan bocoran yang beredar di Galaxy Club.

Beberapa laporan mengatakan bahwa Samsung sebenarnya sedang mengerjakan dua chipset baru yakni, Exynos 9855 dan 9955. Sekarang sepertinya Exynos 9855 akan menjalani debut sebagai chipset Google Tensor di pasaran, sedangkan Exynos 9955 akan debut pada akhir tahun ini.

Baca Juga:
Debut Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pamer Prosesor Tensor SoC

SoC Exynos 9855 juga diberi nama sandi Whitechapel, yang merupakan nama sadi yang sama dengan Tensor Google.

Chipset Google Tensor diyakini akan berbasis proses fabrikasi 5nm, meskipun informasi ini sebenarnya masih belum mendapatkan konfirmasi dari pihak Google secara resmi.

Kemungkinan besar, Google akan segera memberikan detail lebih lanjut, yang mungkin akan berbeda dari bocoran dan rumor yang beredar selama ini.

Mengingat, waktu peluncurannya tidak lama lagi, kita akan mengetahui prosesor Tensor ini lebih rinci.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories