Technologue.id, Jakarta – Hingga saat ini, sudah ada beberapa vendor chipset mobile yang memiliki lini chipset bermodem 5G, seperti Qualcomm dan Exynos. Dan sebentar lagi, giliran MediaTek yang bakal melakukan yang sama.

Mengutip dari GSMArena (09/11/19), MediaTek dikabarkan baru saja merampungkan sebuah chipset 5G yang di dalamnya terdapat modem Helio M70. Dan jika tidak meleset, mereka akan segera meluncurkannya secata global pada 26 November 2019 mendatang melalui ajang MediaTek Summit.

Meski masih belum banyak informasi yang belum dibagikan secara resmi oleh MediaTek, mereka sudah menyebar poster terkait dengan peluncuran dari chipset terbarunya itu. Dari situ, tampak bahwa chipset bernama MT6885Z akan memiliki konektivitas 5G dan akan diproduksi dengan teknologi 7 nm.

Sayangnya, hingga saat ini belum jelas sebenarnya prosesor apa yang akan digunakan dalam chipset tersebut. Oleh karenanya, beberapa pihak meyakini kalau MediaTek akan menggunakan prosesor Cortex-A77 dan Mali-G77 sebagai prosesor dan pemroses grafis yang akan disematkan ke dalam chipset MT6885Z.

Detail dari chipset 5G buatan MediaTek ini bisa jadi baru akan terungkap beberapa bulan lagi. Sebab, chipset tersebut diperkirakan baru akan tiba di pasar dan dijual untuk vendor gadget pada kuartal pertama tahun 2020 mendatang.