Home Gadget Chipset smartphone Langka, Siap-siap Harga Smartphone Naik

Chipset smartphone Langka, Siap-siap Harga Smartphone Naik

Technologue.id, Jakarta – Tak hanya industri otomotif, kelangkaan chip juga melanda industri smartphone. Hal ini pun akan berdampak pada harga dan juga ketersediaan stok nantinya.

Seperti dilansir dari CNBC, Senin (2/8/2021), Apple bahkan telah merasakannya. CEO Apple, Tim Cook mengeluhkan kondisi ini akan menggangu penjualan iPhone serta produk lain sepeti iPad.

“Kekurangannya bukan pada prosesor bertenaga tinggi yang diproduksi Apple untuk perangkatnya, tetapi chip untuk fungsi sehari-hari seperti menyalakan layar ponsel dan mendekode audio,” kata Cook.

Baca Juga:

ARM Bikin Prosesor dari Plastik, Kok Bisa?


Selain Apple, HMD Global selaku pemegang lisensi Nokia juga telah mewanti-wanti adanya masalah pada rantai pasokan. Dikatakan bahwa tantangan ini sangat mempengaruhi jalannya bisnis.

“Kami melihat pasti ada keketatan keseluruhan. Kami mungkin melihat ketidakseimbangan tertentu di pasar,” kata CEO HMD, Florian Seiche.

Kurangnya ketersediaan chip di industri smartphone sendiri menurut analis dipengaruhi oleh perbaikan permintaan chip di industri otomotif. Dikatakan bahwa telah terjadi perebutan besar-besaran di kedua industri itu.

Baca Juga:

Apple Siapkan Prosesor 2nm, Meluncur 2024


“Sekarang sektor otomotif dan lainnya mengejar dan mulai merebut kembali kapasitas yang telah mereka tinggalkan. Ini telah menciptakan tekanan pasokan untuk chip smartphone,” ujar Syed Alam, analis semikonduktor di Accenture.

Syed menyebut kondisi ini akan dirasakan oleh konsumen, dengan peningkatan harga yang cukup signifikan. Selain itu, akan ada resiko kurangnya spesifikasi perangkat yang dibeli.