Technologue.id, Jakarta – Mengawali tahun 2020, Qualcomm mencoba untuk memperbaharui lini chipsetnya, khususnya untuk kelas menengah ke bawah. Tak tanggung-tanggung, kali ini mereka langsung memperkenalkan tiga jenis chipset.

Mengutip dari GSMArena (21/01/20), ketiga chipset tersebut adalah Snapdragon 720G, Snapdragon 662, dan Snapdragon 460. Sesuai dengan nomor urutnya, 720G merupakan yang paling kencang di antara dua lainnya.

Baca Juga:
Skor Antutu Terungkap, realme X50 Pro Pakai Snapdragon 865?

Pada Snapdragon 720G sendiri, Qualcomm menjanjikan beberapa fitur gaming yang tadinya hanya tersedia pada kelas menengah ke atas seperti 765G, seperti HDR, dynamic color range, dan sinkronisasi audio berkualitas tinggi dengan adanya Qualcomm aptX Adaptive.

Spesifikasi Chipset Qualcomm Snapdragon 720G, 662, 460 (Sumber: GSMArena.com)
Spesifikasi Chipset Qualcomm Snapdragon 720G, 662, 460 (Sumber: GSMArena.com)

Baca Juga:
Samsung Galaxy S11 Versi Snapdragon Bakal Tersedia Secara Global

Sementara untuk Snapdragon 662, Qualcomm menyematkan dukungan terhadap penggunaan tiga buah kamera. Meski terkesan biasa saja, namun ini merupakan hal yang baru bagi chipset Snapdragon seri 6. Sementara Snapdragon 460 adalah yang paling ekonomis. Meski begitu, kali ini kecepatan CPU dan GPU-nya pun turut ditingkatkan sehingga mampu memenuhi kebutuhan komputasi mobile kelas bawah saat ini.

Sampai saat ini, belum jelas smartphone apa saja yang bakal meminang chipset terbaru keluaran Qualcomm tersebut. Kabarnya, beberapa vendor smartphone tengah bekerja sama dengan Qualcomm untuk bisa mengadopsi ketiga chipset barunya tersebut, di antaranya adalah Xiaomi dan Realme.