Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Chipset Snapdragon 8 Gen 4 Bakal Hadir di Oktober 2024
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Qualcomm akan meluncurkan chipset selular terbarunya yakni Snapdragon 8 Gen 4 pada Oktober 2024 mendatang diajang Snapdragon Summit. Jelang peluncurannya, rumor serta bocoran tentang fitur dan kemampuan SoC terus bermunculan.

Dilansir dari Gizmochina, Jumat (15/3/2024), Snapdragon 8 Gen 4 mungkin menjadi salah satu SoC seluler paling awal yang mendukung memori LPDDR6. Sebaliknya, chipset Apple A18 Pro disebut-sebut menggunakan memori LPDDR5T.

Baca Juga:
Chery Group Capai Penjualan 143.000 Mobil Sepanjang Februari 2024

Namun, laporan yang sama mengatakan bahwa mungkin ada tantangan dalam memproduksi modul LPDDR6 secara massal tahun ini, dan mungkin menunda ketersediaannya hingga tahun 2025.

Terlepas dari ketidakpastian ini, ada kemungkinan LPDDR6 dapat diintegrasikan ke dalam Qualcomm Snapdragon 8 Gen 4 AP untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat akan kemampuan AI pada perangkat. Tapi, yang terbaik adalah mengambil informasi ini dengan sedikit garam saat ini.

LPDDR6 diharapkan mendapatkan peningkatan kecepatan dan efisiensi daya dibandingkan dengan standar LPDDR5 saat ini. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, peningkatan kinerja ini dikatakan sangat berguna dalam menangani tugas-tugas AI di smartphone mendatang.

Baca Juga:
Antisipasi Ramai Pemudik, Yuk Cek Kondisi Sinyal di Lokasi Wisata Semarang

Meskipun chipset A18 Pro Apple diperkirakan akan mengandalkan memori LPDDR5T, ada bocoran kalau Apple sedang menjajaki cara untuk menyimpan LLM pada memori flash NAND. Hal ini akan memungkinkan iPhone bahkan dengan RAM terbatas untuk tetap melakukan tugas AI pada perangkat.

LPDRR5T saat ini merupakan RAM tercepat yang tersedia di SoC ponsel cerdas dengan kecepatan teoretis hingga 9,6 Gbps. Sedangkan untuk Qualcomm, masih harus dilihat apakah perusahaan akan memilih LPDDR6 atau tetap menggunakan RAM LPDDR5T untuk SoC mendatang.

SHARE:

Kembali Disusupi, Akun Pengguna Roku Terdampak Lebih Banyak

Perusahaan Teknologi Asal China Sudah Siapkan Jaringan 5.5G