Technologue.id, Jakarta – Rumor yang sempat menggaung akhirnya menjadi nyata. Tencent telah resmi mengkuisisi Supercell, developer di balik sejumlah game mobile tersukses saat ini, seperti Clash of Clans, Clash Royale, dan Hay Day.

Mengutip AndroidAuthority (24/6/16), mahar yang diberikan perusahaan teknologi asal Tiongkok itu mencapai Rp 116 triliun. Jumlah itu setara 84 persen saham milik Supercell sekaligus merebut porsi saham Softbank, penguasa Supercell sebelumnya. Penyelesaian pembayarannya dijadwalkan rampung pada kuartal ketiga tahun ini.

Pasca akuisisi ini, Supercell tetap akan beroperasi di Helsinki, Finlandia. Sumber yang dikutip Technologue.id tak menyebut adanya perubahan signifikan di tubuh Supercell.

Jadi, meskipun sudah dimiliki perusahaan Tiongkok, Supercell masih bisa menjalankan bisnis sesuai jalun. Bukan tidak mungkin mereka kembali menggemparkan jagat mobile gaming seperti di tahun 2015 ketika mereka mampu meraup Rp 67 miliar dalam sehari dari Clash of Clans.

- Advertisement -

Supercell sendiri bukan akuisisi pertama Tencent dari mobile gaming. Sebelumnya, mereka juga telah memiliki Riot Games, developer League of Legends. Tampaknya, Tencent bermimpi untuk menjadi raksasa di industri mobile gaming global.

Share this