Technologue.id, Jakarta – Menurut riset terbaru dari Newzoo, Indonesia merupakan pasar game terbesar di Asia Tenggara. Indonesia memiliki 38 juta pemain yang diprediksi akan mengeluarkan lebih dari US$ 704,4 juta untuk membeli berbagai item game di tahun 2016. Segmen di mobile game merupakan yang terbesar, yakni mencapai 57 persen dengan potensi pendapatan sebesar US$ 3999,9.

Berangkat dari hal tersebut, salah satu game mobile, Clash of Dynasty (CoD) baru saja hadir di tanah air. Permainan bergenre action strategy ini tersedia khusus untuk perangkat mobile bersistem operasi Android dan iOS.

Permainan yang diluncurkan oleh game platform lokal yang disebut MOGA ini dibungkus dengan tampilan visual dengan latarbelakang menaklukan kerajaan. Dimana si pemain bertindak sebagai pangeran yang merekrut berbagai jenis pasukan. Ia memiliki misi untuk melawan musuh dan menghancurkan basis mereka.

“Dalam permainan nantinya eksplorasi, petualangan, quest, dan pertempuran menjadi satu. Dengan visual yang indah, pemain dapat menjelajahi daerah dan kota-kota baru pada permainan CoD,” kata Ferrij Lumoring, Chief of Technology dari MOGA.

Untuk dapat merasakan pengalaman perjalanan dunia yang mengesankan dalam game ini, para pemain harus punya strategi pengaturan hero yang tepat untuk memukul mundur dan mengambil alih kerajaan lain.

“Sebelumnya saya biasa bermain game seperti ini di perangkat komputer. Gameplay nya mirip dengan Age of Empire atau Stronghold, namun CoD punya fitur yang lebih komplit, tidak sulit sehingga memeras pikiran pemainnya, dan lebih seru,” tambahnya.

Awal permainan

Untuk memulai permainan, pertama-tama pengguna harus melakukan pendaftaran dengan membuat akun baru atau masuk menggunakan akun sosial media, Facebook. Kemudian, pemain disuguhkan dengan prosedur awal bagaimana memainkan CoD. Selanjutnya, pemain bisa melihat peta kota kerajaan yang akan ditaklukkan.

Dalam permainan ini, pemain harus miliki pola strategi pemilihan hero yang tepat supaya bisa menguasai kerajaan di tiap levelnya. Setiap tingkatan level kemampuan dan senjata pahlawannya dapat ditingkatkan.

Selain itu, terdapat kartu untuk memperkuat sistem permainan. Ada dua jenis kartu, diantaranya kartu hero atau tentara dan kartu magic. Setiap level permainan atau pada peperangan secara otomatis menambahkan kartu pemain. Pengguna dapat pula meningkatkan kekuatan mereka dengan meng upgrade kartu. Berbagai jenis kartu pemain memiliki strategi yang berbeda. Nantinya, pemain bisa bermain bersama teman-teman atau membagikannya kepada gamer lain.

“Untuk makin mempermudah pengguna dalam memperoleh item permainan, kami telah bekerjasama dengan Upoint, Unipin,, Mimopay, dan Doku sebagai payment channel. Alhasil, pemain dapat memilih sendiri tempat, dan cara pembayaran yang lengkap, mulai dari chain store hingga transaksi bank,” tutup Ferrij.

BACA JUGA:

CLASH OF DYNASTY, SATU LAGI GAME ACTION STRATEGY BARU DI INDONESIA