Clubhouse Rilis Fitur Pesaing WhatsApp

Technologue.id, Jakarta – Clubhouse baru saja meluncurkan Backchannel, sebuah fitur layanan pesan instan terbaru di aplikasi tersebut. Fitur ini sekarang tersedia dengan versi terbaru Clubhouse untuk pengguna iOS dan Android di seluruh dunia.

Backchannel menawarkan fitur berkirim pesan antara 2 individu ataupun dalam format grup, serta fitur ‘kotak masuk’ berisi permintaan pengiriman pesan dari akun lain.

Artinya, pengguna dapat menggunakan Backchannel untuk berdiskusi di rooms secara real-time, kirim dan terima pertanyaan dari audiens, menyampaikan terima kasih secara langsung kepada sesama pengguna Clubhouse, merencanakan acara, dan mengobrol dengan teman-teman di Clubhouse.

“Setelah kami secara tidak sengaja membocorkan fitur ini 5 kali, inilah tim teknik tercinta kami yang memperkenalkan Backchannel Clubhouse yang baru,” kata Clubhouse di Twitter.

Untuk memulai percakapan, cukup ketuk ikon pesawat di kanan bawah atau geser ke kiri untuk mengakses utas obrolan. Atau pengguna cukup mengklik profil yang ingin mereka ajak mengobrol dan mereka akan melihat ikon pesawat yang sama di sebelah bel notifikasi pengguna lain.

Saat ini, pengguna Clubhouse hanya dapat mengirim tautan pada obrolan tetapi bukan gambar atau video. Tidak ada opsi untuk menghapus pesan, namun, siapa pun dapat menyalin atau melaporkan pesan tersebut.

Clubhouse telah tumbuh secara signifikan selama setahun terakhir dan telah memaksa platform media sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter untuk memperkenalkan fitur berbasis audio yang serupa.

Perusahaan ini memiliki lebih dari 10 juta pengguna aktif mingguan. Setelah peluncuran Android, Clubhouse telah menambahkan 8 juta pengguna baru.