Technologue.id, Jakarta – Smartfren Telecom mengumumkan adopsi teknologi baru di jaringan yang dimilikinya. Bekerjasama dengan Nokia dan Qualcomm, ujicoba menggunakan teknologi telekomunikasi terbaru yang sedang diujicoba di jaringan Smartfren itu menghasilkan kecepatan internet super-cepat.

Teknologi baru bernama 3 component carrier aggregations memanfaatkan kombinasi 3 spektrum jaringan yang memungkinkan Smartfren untuk menggabungkan spektrum 10Mhz di FDD 850MHz dan spektrum 10Mhz + 20Mhz di TDD 2300GHz, yang dapat menghasilkan kecepatan mencapai hingga 240Mbps.

Uji coba ini menggunakan Mobile Development Platform Smartphone (MDP/S) atau lebih dikenal sebagai perangkat prototipe yang ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 820, beroperasi pada jaringan 4G LTE Advanced Smartfren dan menggunakan teknologi LTE Advance Nokia Networks.

“Uji coba 3 carrier aggregation ini mencerminkan upaya kami dalam rangka memberikan layanan dan pengalaman yang luar biasa kepada pelanggan kami,” jelas Christian Daigneault, CTO Smarfren di kantor Smartfren BSD HQ Office, Tengerang Selatan.

- Advertisement -

Kesuksesan uji coba dan ekspansi jaringan di lebih dari 188 kota dan kabupaten, dalam kurun waktu 6 bulan ini, menunjukkan komitmen dalam memberikan pengalaman terbaik yang disediakan oleh Smartfren dan Qualcomm.

“Kami sangat bersemangat untuk menjadi operator pertama di Indonesia yang berhasil melakukan uji coba teknologi 3 carrier aggregation dalam jaringan 4G LTE Advanced kami, yang menyediakan konektivitas yang lebih cepat dan kualitas jaringan yang andal untuk pelanggan,” tambah Christian.