Technologue.id, Jakarta – Pada saat seluruh dunia bergulat menghadapi wabah Coronavirus, muncul penyakit lain yang menciptakan kekacauan telah menarik perhatian global belakangan ini. Di tengah semua pandemi medis ini, seorang pria China meninggal setelah dites positif untuk jenis virus baru bernama Hantavirus.

Hantavirus adalah virus dari hewan yang mendadak trending di Twitter. Banyak yang panik karenanya, mengingat pandemi virus corona COVID-19 masih belum teratasi.

Baca Juga:
Alibaba Cloud Hadirkan Aplikasi Lawan Virus Corona

hantavirus

Salah satu unggahan terkait hantavirus ada di akun @globaltimesnews, yang membagikan informasi tentang hal itu. Seorang warga Provinsi Yunnan disebut meninggal dalam perjalanan menuju Provinsi Shandong dengan bus sewaan.

Menurut The Centers for Disease Control and Prevention (CDC), hantavirus merupakan keluarga virus yang utamanya menyebar lewat tikus atau rodent. Virus ini bisa memicu berbagai penyakit pada manusia.

Beberapa penyakit yang disebabkan hantavirus adalah hantavirus pulmonary syndrome (HPS) dan haemorrhagic fever with renal syndrome (HFRS).

Penyakit tersebut tidak ditularkan lewat udara atau airborne, melainkan lewat kontak cairan tubuh seperti urine, feses, dan ludah tikus. Meski jarang, bisa juga menular lewat gigitan.

Tagar #Hantavirus pun masuk trending topic Twitter di Indonesia. Netizen menyayangkan bahwa muncul lagi virus mematikan yang dimulai dari daratan China. Seperti diketahui, rakyat Tiongkok memang gemar mengonsumsi hewan-hewan liar yang berpotensi menularkan penyakit berbahaya. Berikut beberapa cuitan warganet mengomentari Hantavirus.