D-Link Perkenalkan Router Berkemampuan 3 Band Sekaligus

D-link AC3200 (source: dailytech.com)

Technologue.id, Jakarta – Siapa yang tidak mencari letak modem saat mengunjungi sebuah cafe atau restoran?

Mungkin hanya segelintir orang saja di zaman ini yang tidak melakukan hal tersebut. Konon katanya, semakin dengan dengan letak modem umum di sebuah tempat, maka makin besar juga kecepatan yang akan diraih oleh penggunanya.

Dikutip dari Daily Tech (18/4/2017), D-Link memperkenalkan sebuah modem yang memiliki kemampuan untuk menghantarkan tiga band kepada penggunanya, yang bernama DIR-890L/R AC3200 Ulta Wi-Fi Router. 1 band menawarkan frekuensi 2.4 GHz, sedangkan dua sisanya sama-sama menawarkan frekuensi 5 GHz, namun diklaim dengan tujuan yang berbeda.

Jika pada umumnya sebuah router akan menyajikan 2 band, 2.4 GHz sebagai jalur download dan 5 GHz sebagai jalur upload, maka lain halnya dengan router bernampilan merah nan gahar buatan D-Link ini. Masing-masing band yang ditawarkannya memiliki fungsi yang berbeda.

Untuk band satu yang diisi dengan frekuensi 2.4 GHz dikhususkan sebagai jalur browsing serta printer sharing. Pada band 2 dan 3 yang diisi dengan frekuensi 5 GHz, pengguna dijanjikan dengan kecepatan HD Streaming yang lebih baik.

Lalu, apa bedanya band 2 dan band 3? Band 2 hanya dikhususkan untuk perangkat mobile, smart TV serta tablet, sedangkan band 3 akan dimiliki seutuhnya untuk kebutuhan gaming. Gaming yang kini sangat membutuhkan jaringan internet akan dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan jalur internetnya melalui band 3 tersebut.

Selain itu, AC3200 yang mampu menyebarkan kecepatan dari 600MBPS hingga 1,300Mbps ini juga dilengkapi dengan Smart Connet Technology, yang memungkinkan setiap perangkat untuk memilih band yang menurutnya paling baik atau paling available untuk bekerja secara maksimal. Router ini juga mengemban USB 3.0 dan 2.0 sebagai langkah berbagi data antara pengguna secara lebih cepat.

 

Baca juga:

LG Masifkan Produk Elektronik Berteknologi Inverter, Apa Kelebihannya?

Mi VR Play 2, Perangkat VR Ekonomis Buatan Xiaomi

Polytron Luncurkan TV 4K, Harganya?