Copyright 2022 Technologue ID. All rights reserved.

Game News Latest News Apps

Daftar Harga Diamond Mobile Legends, Free Fire, dan Lain-Lain Setelah PPN Naik Jadi 11%

byRendy Islamy - editorDenny Mahardy Apr 6, 2022

Technologue.id, Jakarta - Naiknya Pajak Pertambahan Nilai (PPN) jadi 11% yang berlaku mulai 1 April lalu juga berimbas pada proses transaksi dalam game (in-game purchase) di Google Play Store.

Sesuai kebijakan yang diberlakukan pemerintah untuk barang yang tidak termasuk bebas pajak, Google Play Store juga bebankan PPN 11% buat pengguna Android yang mau beli (top-up) mata uang dalam game.

Hal ini berlaku buat transaksi yang dilakukan di beberapa game populer seperti Mobile Legends: Bang-Bang (MLBB), Genshin Impact, PUBG Mobile, dan Free Fire yang sudah dikenakan pajak 11% dari yang sebelumnya 10%.

Informasi kenaikan harga tersebut bisa dilihat oleh pengguna Android dengan menekan tombol “+ tax” yang ada di bawah harga dasar, saat sedang transaksi secara langsung di game.

Contohnya, harga dasar yang dikenakan waktu beli Twilight Pass (Starlight Member) di game MLBB adalah Rp149.000. Setelah dikenakan PPN 11%, maka harga yang harus dibayar pengguna adalah Rp165.390.

Sedangkan pada Maret lalu, sebelum kebijakan kenaikan PPN diberlakukan, pemain cuma perlu bayar Rp163.900 jika mau beli Twilight Pass di game Mobile Legends: Bang-Bang.

Kenaikan harga PPN juga terjadi di game Genshin Impact, PUBG Mobile, dan Free Fire. Bagi pemain yang mau top-up secara langsung di beberapa game itu harganya bakal naik sebesar 1%, dibanding dengan tarif pajak sebelumnya yang masih 10%.

Untuk lebih lengkapnya, mengenai berapa besaran harga yang harus dibayar saat lakukan top-up di game Mobile Legends: Bang-Bang, Genshin Impact, PUBG Mobile, dan Free Fire adalah sebagai berikut.

Mobile Legends: Bang-Bang

Genshin Impact

Free Fire

PUBG Mobile

#Google #PlayStore #PUBGMobile #FreeFire #PPN #GenshinImpact #MobileLegends:Bang-Bang

Baca Juga