HomeHeadlineDaftar Kota di Indonesia yang Sudah Kebagian 5G

Daftar Kota di Indonesia yang Sudah Kebagian 5G

Technologue.id, Jakarta – Saat ini layanan komersial 5G telah didukung oleh tiga operator telekomunikasi nasional.

Tiga operator seluler yang sudah diizinkan pemerintah untuk menggelar layanan 5G secara komersial di Indonesia, yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata.

Baca Juga:
Indosat Ooredoo Hadirkan Layanan 5G di Makassar

Ketiga operator seluler tersebut telah mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) usai lulus Uji Laik Operasi (ULO).

Sejak Mei 2021, layanan komersial jaringan telekomunikasi 5G telah hadir di 9 kota atau wilayah aglomerasi yang ada di Indonesia, yaitu (1) Jabodetabek; (2) Bandung; (3) Batam; (4) Balikpapan; (5) Makassar; (6) Surakarta; (7) Surabaya; (8) Denpasar; dan (9) Medan.

Tidak hanya itu, jaringan 5G juga akan dihadirkan di beberapa destinasi wisata super prioritas seperti di Borobudur, Labuhan Bajo, Mandalika, Likupang dan Danau Toba. Sedangkan ibu kota negara baru (IKN) yang berlokasi di Kalimantan juga akan segera mendapat jaringan 5G.

Baca Juga:
Alasan Makassar Jadi Kota Pertama Nikmati 5G di Indonesia Timur

Kominfo mengatakan pemilihan lokasi 6 Ibu Kota Provinsi di Pulau Jawa sebagai pilot project pada tahap awal implementasi 5G adalah karena 6 lokasi tersebut dianggap feasible baik dari sisi potensi pasar maupun dukungan infrastruktur.

“Diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama sesudahnya layanan 5G akan diperluas sesuai dengan pertumbuhan demand di lokasi-lokasi lain,” kutip Permen Kominfo Nomor 2/2021.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More