Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Daftar Link CCTV untuk Pantau Arus Mudik Kemacetan Lebaran 2022
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Sekarang memantau arus mudik selama lebaran bisa melalui CCTV yang sudah disediakan di berbagai daerah. Selain itu, pantauan arus mudik juga bisa dilihat dari pemberitaan di media massa dan media sosial.

Dengan pemantau CCTV, pemudik bisa memantau konsidi secara langsung arus mudik jika terjadi kemacetan atau kecelakaan. Setidaknya, ada tiga link yang bisa dimanfaatkan untuk memantau arus mudik via CCTV seperti link berikut.

  • RTTMC Kementerian Perhubungan
    Info seputar mudik Lebaran, Kementerian Perhubungan melalui Diktorat Jenderal Perhubungan Darat membentuk Road Transport & Traffic Management Center (RTTMC). Pemudik dapat mengetahui kondisi lalu lintas serta lokasi melalui RTTMC

Baca Juga:
Tips Hemat Baterai Saat Perjalanan Mudik Lebaran

  • Jasa Marga Live Streaming
    Layanan aplikasi pantauan arus lalu lintas yang dimiliki Jasa Marga untuk pengguna ruas tol. Aplikasi ini bisa diunduh di PlayStore dan Apple Store.

Beberapa Pemerintah Provinsi juga menyediakan layanan siaran langsung CCTV lalu lintas. Sebut saja Pemprov Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur yang disebut via aplikasi SITS.

  • Travoy
    Aplikasi dapat diunduh di PlayStore. Setelah diunduh, terdapat opsi melakukan registrasi atau melewati proses tersebut. Jika memilih "Lewati", pengguna akan langsung ke Menu utama dan bisa memilih layanan yang diinginkan.

  • NTMC Polri
    Pusat Pengendali Lalu Lintas Nasional Kepolisian Republik Indonesia melalui NTMC Polri sebagai pusat kendali informasi dan komunikasi untuk mengatur lalu lintas di Indonesia. Operasional sehari-hari dilaksanakan oleh Bagops Korlantas Polri.

NTMC Polri sejak berdiri tahun 2009 mengintegrasikan sistem informasi lima pemangku kepentingan bidang lalu lintas (Polri, Kementerian Pekerjaan Umum, Perhubungan, Perindustrian, dan Riset Teknologi).

Hingga sekarang sudah terdapat 15 Polda yang memiliki RTMC, dan 23 TMC Polres. Untuk melayani masyarakat secara luas, diperlukan pengembangan dan pembangunan RTMC di Polda dan TMC di Polres.

NTMC telah dipasang kamera 425 CCTV di selumlah lokasi di Pulau Sumatera (Polda Sumut, Riau, dan Sumsel), Jawa (semua Polda), Pulau Bali, Pulau Kalimantan (Polda Kaltim dan Kalbar diperbatasan Entikong dengan Malaysia), Pulau Sulawesi (Polda Sulsel) dan di Kepulauan Malut, CCTV ATMS (61 unit) dan CCTV ATMC (152 unit), ditambah dengan CCTV Integrasi instansi terkait sebanyak 1427 CCTV, milik Tol Jakarta-Cikampek, Tol Jagorawi, Comander center Polda Sumsel, CCTV Ring 1 dan 4 milik Paspamres, CCTV Dishub DKI Jakarta, CCTV Kemayoran, CCTV BPTJ, CCTV Tol Waskita (Kanci-pemalang-pejagan-batang), CCTV Pemkot Surabaya dan CCTV Pemkot Jatim Dehingga total CCTV Korlantas Polri sebanyak 2.056 unit yang seluruhnya telah terintegrasi oleh NTMC Polri.

Kamera pemantau itu antara lain tersebar di berbagai titik rawan macet dan gangguan keamanan dan aktif termonitor selama 24 jam. Untuk kepentingan kendali operasi, NTMC di Korps Lalu lintas Polri juga dilengkapi dengan teknologi informasi berbasis geografis atau Geographic Information Sistem (GIS) yang mampu menampilkan data secara akurat sesuai kondisi per wilayah.

Baca Juga:
Cara Daftar Online Angkutan Mudik Motor Gratis dari KAI

Selain itu operasional NTMC didukung dengan teknologi, seperti CCTV, GIS, GPS, Internet, Database online, SMS, Faximile, Telepon, HT, Layar monitor dan berbagai program komputer agar dari NTMC kegiatan K3-I dapat diimplementasikan secara optimal, yaitu terjadinya quick respontime (kecepatan pengamanan, pelayanan masyarakat).

Daftar Link CCTV Mudik Lebaran 2022:

  • Live CCTV Lalin RTTMC
    https://rttmc.dephub.go.id/rttmc/livecctv
  • Live CCTV Lalin Jawa Barat
    https://pelindung.bandung.go.id/maps
  • Live CCTV Lalin Jawa Tengah
    https://perhubungan.jatengprov.go.id/cctv-pantauan-mudik2022
  • Live CCTV Jalan Tol Bina Marga
    https://binamarga.pu.go.id/index.php/contents/cctv
  • Live CCTV JaLAN Tol Jasa Marga (via apps Travoy)
    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.jm.travoy

SHARE:

Harga Neta V-II Lebih Murah Rp80 Juta, Bagaimana Nasib Mobil Listrik Neta V?

Oppo Buka Gerai Premium Konsep Modern, Bisa Ngopi Hingga Baca Buku