Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Dampak Aroma Terapi Terhadap Pengalaman Berkendara
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Aromaterapi dapat memberikan berbagai manfaat positif saat berkendara, seperti meningkatkan kewaspadaan, fokus, mood, dan energi, serta mengurangi stres dan kecemasan. Namun, penting untuk memilih aroma yang tepat dan menggunakannya dengan aman.

Menurut psikolog Kasandra Putranto mengatakan, penyegar udara mobil memiliki dampak yang signifikan terhadap kenyamanan dan kesehatan pikiran dalam berkendara. Jika mencari relaksasi dan menghilangkan stres saat berkendara, sebaiknya gunakan pengharum beraroma lavender.

Baca Juga:
Akibat Tidak Ganti Oli Mesin Setelah Perjalanan Jauh

"Lavender terkenal akan khasiatnya yang menenangkan dan dapat membantu menciptakan suasana tentram di dalam kendaraan," ujar Kasandra, Rabu (26/6/2024), di Jakarta Selatan.

Penelitian menunjukkan bahwa indera penciuman ternyata sangat kuat dan dapat mengenali ratusan ribu aroma berbeda. Manusia dapat menangkap aroma melalui saluran neuron penciuman tubuh ke pusat otak yang berfokus pada memori dan emosi, seperti korteks orbitofrontal, amigdala, dan hipokampus. Itu sebabnya, aroma mobil bisa memicu ingatan yang kuat.

"Aroma yang memberi energi seperti jeruk atau peppermint dapat memberikan penambah energi yang sangat dibutuhkan energi selama perjalanan pagi yang grogi. Aromanya yang menyegarkan dapat membantu pengemudi tetap waspada dan fokus pada jalan di depannya,” jelas Kasandra.

Kesimpulannya, aroma dapat memainkan peran penting dalam pengalaman berkendara. Pengharum mobil dapat memengaruhi suasana hati dan perilaku manusia di jalan. Dengan memilih aroma yang selaras dengan kebutuhan emosional tertentu, masyarakat dapat meningkatkan pengalaman berkendara, menjadikannya lebih menyenangkan dan bebas stres.

Prev Next Page 1 of 2
SHARE:

Masalah-masalah yang Kerap Mendera Smartphone Layar Lipat

Aman Bagi Anak, MatePad SE 11 Kids Edition Punya Blue Light Filter