DANA dan Dompet Dhuafa Hadirkan Solusi Kurban Digital di Masa Pandemi

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Bagi umat Islam, berkurban di saat Idul Adha merupakan ibadah istimewa yang datang satu tahun sekali. Seperti halnya zakat fitrah, ibadah kurban mengandung nilai-nilai kemanusiaan serta maslahat ekonomi yang begitu besar. Bukan saja bagi penerima kurban, tapi juga peternak dan pedagang hewan kurban.

Maslahat ekonomi dari ibadah kurban akan semakin dirasakan ketika roda perekonomian sulit bergerak seperti yang terjadi saat ini. Namun, adanya pandemi COVID-19 menjadi tantangan tersendiri bagi umat Islam untuk menunaikan ibadah tersebut. Masyarakat yang ingin berkurban kesulitan karena banyak masjid maupun mushala yang tahun ini tidak menerima atau melakukan pemotongan hewan kurban. Hal ini menyusul protokol penyembelihan dan pemotongan hewan kurban di masa pandemi COVID-19 yang dikeluarkan pemerintah, sehingga tidak semua masjid bisa melakukannya.

Vincent Iswara, CEO dan salah satu pendiri dompet digital DANA, mengatakan salah satu solusi untuk mengatasi hal itu adalah dengan melakukan kurban secara digital melalui penyelenggara kurban digital yang kredibel. Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga sudah menegaskan bahwa penyembelihan hewan kurban boleh diwakilkan, sehingga orang yang berkurban tidak harus menyaksikan.

“Dalam rangka semakin memudahkan masyarakat, dompet digital DANA telah bersinergi dengan Dompet Dhuafa menghadirkan layanan kurban digital yang aman, efisien dan tepercaya. DANA menjadi mitra pembayaran digital Dompet Dhuafa untuk layanan kurban secara online,” ujarnya.

Menurut Vincent, pelaksanaan ibadah kurban yang terintegrasi secara digital bukan saja lebih aman, efektif dan efisien, tapi juga menjadi solusi untuk mencegah penyebaran COVID-19. Selain kemudahan dan keamanan, kurban digital yang diselenggarakan Dompet Dhuafa dan DANA juga memiliki keunggulan di antaranya hewan kurban yang berkualitas, laporan yang transparan, distribusi ke wilayah yang benar-benar membutuhkan, dan yang tidak kalah penting, pemberdayaan peternak lokal.

“Dompet Dhuafa akan memastikan semua proses, mulai dari pemilihan hewan kurban, pembelian, penyembelihan, hingga distribusi sesuai dengan syariat Islam,” tambah Vincent.

Untuk melakukan kurban secara digital, pengguna DANA bisa masuk ke dalam situs web atau bisa menginstal aplikasi Dompet Dhuafa lalu klik tombol “Kurban Sekarang”. Kemudian, tentukan pilihan kurban. Selanjutnya pilih metode pembayaran online dan klik tombol DANA untuk melakukan pembayaran. Setelah pembayaran berhasil, lakukan konfirmasi dengan mengklik tombol “Konfirmasi Kurban”.

- Advertisement -

Latest News

Mantan petinggi Grab dan Tokopedia Galang Pendanaan US$5.6 Juta

Technologue.id, Jakarta - Wagely, sebuah platform kesejahteraan keuangan yang menawarkan Earned Wage Access (EWA) atau akses upah instan, mengumumkanpengumpulan pendanaan sebesar US$5,6...

Waduh, Server EA Kena Hack dan Curi Kode Penting Game!

Technologue.id, Jakarta - Server Electronic Arts (EA), perusahaan game besar dari Amerika Serikat, kena bobol peretas (hacker). Aksi itu diduga terjadi pada...

PUBG MOBILE Rilis Mode Baru “Traverse Insectoid”

Technologue.id, Jakarta - PUBG Mobile rilis mode baru bernama Traverse Insectoid. Di mode ini, pemain bakal ikut dalam pertempuran rudal dengan kondisi menyusut...

Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

Technologue.id, Jakarta - Inisiatif 'Hyperlocal' Tokopedia kian membawa dampak positif bagi pegiat usaha lokal di Indonesia. Pempek Cek Dung dan Pabrik Kerupuk...

Sony Luncurkan Drone Airpeak S1, Bisa Terbang Hingga 90 Km/Jam

Technologue.id, Jakarta - Sony resmi meluncurkan drone Airpeak pertamanya. Adalah Airpeak S1, drone ini ditujukan untuk pembuatan film profesional.

Related Stories