DANA Dukung Program Roadshow Digital Agar UMKM Go Digital

Technologue.id, Jakarta – Platform pembayaran digital, DANA, mendukung pelaksanaan program Roadshow Digital yang rencananya akan diselenggarakan di 6 Provinsi di Indonesia, yaitu Nusa Tengggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Bali, Sulawesi Utara, Sumatera Utara, dan Jawa Tengah.

Selain DANA, roadshow Digital ini juga diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (Kemenko Marves) dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Gelaran Roadshow Digital ini merupakan bagian dari Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa bangga dan menguatkan preferensi terhadap produk lokal di kalangan konsumen Indonesia, memperkuat kelangsungan usaha dan pemasaran UMKM di era digital, dan merealisasikan penambahan sebanyak 2 juta UMKM Indonesia berhasil terhubung dengan ekosistem digital hingga akhir tahun 2020.

Baca Juga:
Jalani New Normal, Segudang Fitur dalam Aplikasi DANA Siap Temani Transaksi Konsumen

Vincent Iswara, CEO dan Co-Founder DANA mengatakan bahwa menjadi kebanggaan bagi perusahaan sebagai sahabat untuk UMKM, dipercaya melaksanakan roadshow digital #BanggaBuatanIndonesia sebagai langkah nyata dalam mendigitalisasi UMKM Indonesia untuk solusi pemulihan ekonomi Indonesia.

“Melalui program ini, teknologi diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi UMKM Indonesia melalui edukasi, pendampingan, penyediaan platform DANA Bisnis dan pembukaan akses untuk menemukan lokasi UMKM terdekat di aplikasi DANA. Kami berharap, kemudahan dalam menggunakan DANA serta manfaat yang dihadirkan, akan mampu membantu UMKM dengan produk-produk asli Indonesia berhasil Go Digital di tahun ini,” tutur Vincent, saat webinar Transformasi Digital UMKM, Kamis (9/7/2020).

Gerakan Nasional ‘Bangga Buatan Indonesia’ yang menyinergikan ekosistem ekonomi digital, dari pemerintah, penyedia teknologi, pelaku industri, dan masyarakat digital, diharapkan akan menjadi solusi efektif dalam membantu UMKM Indonesia menjawab tantangan fundamental dalam melakukan tranformasi digital, seperti pemasaran digital, branding, penguasaan media sosial, pengemasan produk, hingga akses promosi yang adaptif terhadap dinamika baru di era digital.

Selain untuk meningkatkan transaksi produk-produk asli Indonesia di ranah digital, gerakan nasional ini juga menjadi peluang bagi seluruh pelaku UMKM di Indonesia untuk bertransformasi dan meningkatkan kompetensi di masa mendatang.

Baca Juga:
DANA Gandeng PasarPolis Hadirkan Asuransi Terjangkau di Masa Pandemi

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia (RI), Teten Masduki mengatakan UMKM sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia harus dapat segera Go Digital sehingga mampu bertahan di masa pandemi, sehingga solusi transformasi digital ini membuat UMKM mampu menjadi penopang pemulihan ekonomi nasional.

“Saat ini, baru 13 persen atau sekitar 8 juta pelaku UMKM di Indonesia yang telah menggunakan fasilitas pasar digital, padahal 90 persen masyarakat telah beralih ke pasar digital. Dalam pemulihan ekonomi nasional, digitalisasi UMKM menjadi salah satu fokus Kementerian Koperasi dan UMKM pada pembukaan akses pasar dan akses pembiayaan sehingga menjadi lebih mudah direalisasikan,” kata Teten.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan bahwa pandemi COVID-19 telah memperlambat pertumbuhan ekonomi Indonesia, di mana proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga akhir tahun 2020 sekitar 2-3%.

Hal ini tentu berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan daya beli masyarakat. Namun, ada tren positif dari transformasi UMKM dari offline (luring) ke ekosistem digital melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Recent Articles

Galaxy Note20 Series, Perangkat Tepat Tuangkan Passion-mu

Technologue.id, Jakarta - Kemampuan Samsung Galaxy Note20 Series dalam mengakomodir berbagai kebutuhan pengguna tidak perlu diragukan lagi. Spesifikasi mumpuni serta beragam fitur...

Tren WFH Dorong Penjualan Monitor Gaming AOC

Technologue.id, Jakarta - Kondisi pandemi akibat penyebaran virus COVID-19 saat ini bukan hambatan bagi penjualan monitor gaming. Brand AOC mengungkap penjualan monitor...

Cek Deh, Ini 7 Alasan Kenapa Harus Upgrade Galaxy Note10+ ke Galaxy Note20 Ultra

Technologue.id, Jakarta - Kehadiran duo Samsung Galaxy Note20 Series menjadi smartphone flagship paling ditunggu. Pasalnya baik Galaxy Note20 maupun Galaxy Note20 Ultra...

Rayakan Satu Semester, Arknights Helat Event Ancient Forge

Technologue.id, Jakarta - Game menara pertahanan Yostar Limited yang makin populer, Arknights, kini telah mencapai usia satu semester. Suatu momen yang sering dirayakan...

Realme C12 Meluncur di Indonesia, Bawa Baterai Gendut 6.000 mAh

Technologue.id, Jakarta - Realme resmi memboyong ponsel terbarunya, realme C12 ke Indonesia pada Jumat (14/8/2020). Meluncur lewat acara Realme Fan Fest, perangkat...

Related Stories