Technologue.id, Jakarta – Bisnis gadget Huawei saat ini tengah terancam. Pasalnya, setelah diblokir oleh Google, selain dipastikan kehilangan akses untuk menggunakan produk Google seperti Android, mereka juga sangat berpotensi kehilangan konsumen. Namun untungnya, Pemerintah Amerika memberikan keringanan bagi Huawei.

Baca Juga:
Pengguna Ponsel Huawei Kabur Usai Dengar Keputusan Google

Mengutip dari TheVerge (20/05/19), Huawei dikabarkan sudah mendapatkan lisensi sementara dari Departemen Perdagangan Amerika Serikat. Dengan lisensi tersebut, Huawei diizinkan untuk bisa mendistribusikan pembaharuan software bagi para penggunanya selama tiga bulan mendatang.

“Lisensi ini akan memungkinkan kegiatan operasional untuk terus berlanjut. Hal ini berlaku untuk pengguna smartphone Huawei dan jaringan broadband pedesaan”, pernyataan Sekretaris Perdagangan Amerika Serikat, Wilbur Ross.

- Advertisement -

Baca Juga:
Honor Juga Kena Cerai Google

Oleh karenanya, hingga 19 Agustus 2019 mendatang, pengguna masih bisa menerima layanan dan dukungan dari Huawei, termasuk pembaharuan software dan patch. Seluruh dukungan tersebut masih akan diterima oleh perangkat Huawei yang sudah tersedia secara global sebelum 16 Mei 2019 lalu.

Walaupun tidak bisa mengembalikan kondisi perusahaan seperti semula, setidaknya lisensi sementara tersebut bisa dimanfaatkan oleh Huawei untuk bisa ‘bernapas’ lebih panjang sembari memikirkan unit bisnisnya di kemudian hari.