Dari Aksi Challenge hingga Fanart, ini Keseruan Fandom di Twitter

Technologue.id, Jakarta – Twitter menghubungkan banyak orang dengan komunitas yang sesuai dengan minat mereka. Meskipun sudah lama menjadi “rumah” bagi para fandom untuk berbagi cerita dengan fans lain dalam mendukung artis favorit mereka, percakapan dengan intensitas setinggi ini sangat dirasakan selama masa pandemi.

Dengan banyaknya acara konser, pemutaran film, pameran hingga pertemuan artis dengan fans tertunda, Twitter menjadi tempat bagi para fans untuk tidak hanya mengikuti artis favorit mereka, tapi juga untuk mendapatkan berita terkini tentang proyek terbaru sang idola khususnya pada periode lockdown. Sementara itu, fans tetap terus mengapresiasi artis favorit mereka dengan berbagai cara unik seperti membuat karya seni atau dengan ucapan hari jadi kepada Agnez Mo dan Dian Sastro dengan sentuhan emosional.

Basis penggemar dari berbagai kalangan berkumpul di Twitter. Beberapa basis penggemar ternama di Twitter seperti misalnya ARMY pendukung BTS, BLINKs untuk BLACKPINK. Mereka menggunakan Twitter untuk menunjukkan pengaruh dan kepedulian mereka melalui gerakan dukungan seperti kampanye ARMY #MatchAMillion yang berhasil menggalang donasi jutaan dolar Amerika untuk mendukung isu kesetaraan ras. Para BLINKs juga berhasil mengajak fans lainnya untuk menunjukkan dukungan mereka sebelum BLACKPINK meluncurkan akun @BLACKPINK di Twitter. Aksi ini menghasilkan jutaan Tweet dari berbagai belahan dunia.

Fans drama Korea, termasuk di Indonesia, memiliki kebiasaan menyimpulkan secara singkat tentang tren drama Korea di tahun 2020. Namun tidak hanya itu, keberagaman percakapan di Twitter telah menciptakan jajaran fandom yang tidak hanya terbatas pada K-Pop saja. Fans bulu tangkis Indonesia pun turut meramaikan akun @INABadminton untuk melihat berita terbaru tentang bulu tangkis nasional. Di Twitter, masyarakat Indonesia akan selalu menemukan komunitas fans yang sesuai dengan ketertarikan mereka. Bergabunglah dengan Twitter untuk menemukan basis penggemar yang sesuai dengan minatmu, lalu ikuti percakapannya untuk semakin memperluas wawasan!

Ikuti percakapan para fans

Salah satu cara yang sering digunakan bagi para fans untuk berinteraksi dan mendapatkan update dari Twitter adalah melalui akun Twitter fanbase. Jajaran akun yang dijalankan oleh para fans setia ini, menjadi akun yang paling aktual untuk mendapatkan informasi terbaru tentang artis favoritmu, dari Retweet tentang berita terbaru, tagar terbaru, dan aktivitas para fans dengan artis favoritmu.

Di Twitter, setiap orang bisa menemukan akun basis penggemar sesuai minat mereka yang memberikan informasi dalam bahasa apa saja yang kamu inginkan. Hanya dengan mencari nama artis favorit di Twitter, dan melihat beberapa top Tweet yang muncul, mereka akan menyebutkan bahwa akun tersebut adalah basis penggemar dari seorang artis, misalnya “akun fanbase”, “fanbase” atau sejenisnya, untuk memudahkan siapapun menemukan akun yang tepat untuk diikuti.

Bergabung dalam percakapan

Jika kamu ingin mengetahui semua aktivitas artis favoritmu, gunakan Tagar untuk menyortir semua Tweet tentang artis tersebut. Tagar atau simbol #, digunakan untuk menandai kata kunci atau topik dalam sebuah Tweet, dan dapat mengelompokkan dan mencari Tweet yang serupa. Dengan menggunakan tagar untuk menemukan Tweet yang berhubungan dengan artis favoritmu, kamu bisa melihat semua Tweet yang menyebut artis tersebut, dan menerima berita terkini.

Dengan mengikuti tagar terkini, kamu bisa mengetahui berbagai hal tentang artis favoritmu. Contohnya, tagar #agnezmo digunakan oleh fans Agnes Monica untuk mendukung musisi internasional asal Indonesia tersebut. Mulai dari peluncuran lagu baru, konser, karya seni fans, dll, ada dalam tagar #agnezmo, memudahkan penggemar lain untuk mengetahui apa saja yang sedang dilakukan oleh Agnez Mo sebagai artis favorit mereka.

Jika kamu ingin berpartisipasi lebih aktif dalam percakapan, carilah tagar-tagar yang yang berhubungan dengan aktivitas atau tantangan untuk para fans. Tidak semua tagar berkaitan dengan penggalangan dana seperti #MatchAMillion, terkadang yang kamu perlukan hanyalah sedikit waktu untuk berpartisipasi dalam sebuah aktivitas. Beberapa waktu lalu, linimasa Twitter yang dihebohkan dengan tagar #RaisaThrowback, dimana Raisa meminta para fans untuk mengedit fotonya. Tanpa menunggu waktu yang lama, fans membalas Tweet tersebut dengan editan yang unik dan mengundang tawa.

Terhubung langsung dengan artis favoritmu

Kamu bisa menggunakan Twitter untuk terhubung langsung dengan artis favoritmu dan menerima informasi terbaru secara langsung dari mereka. Untuk memastikan bahwa kamu mengikuti akun yang benar untuk menerima update, kamu dapat mengikuti Twitter Topic. Dengan mengikuti sebuah Topik, kamu tidak hanya mengikuti artis favoritmu, tapi juga bisa sejumlah akun lainnya yang terdiri dari pengamat, fans atau mereka yang suka berbagi tentang artis favoritmu di Twitter.

Setelah mengikuti akun-akun utama yang terkait dengan artis favoritmu, kamu akan mendapatkan berita terkini mengenai aktivitas mereka dan berkesempatan untuk berinteraksi langsung. Baik dengan fitur Twitter Q&A ketika mereka sedang beristirahat, atau program eksklusif Twitter seperti sesi live streaming #TwitterBlueroom. Di #TwitterBlueroom, mereka akan berbagi lebih banyak tentang kehidupan mereka di balik layar, menjawab pertanyaan para fans saat live stream, atau bahkan melakukan giveaway!

Simak dan dukung

Sebelum pandemi, aktivitas-aktivitas seperti menonton video musik artis favorit, ajang penghargaan, dan talkshow pun telah menjadi rutinitas wajib seorang penggemar. Walaupun acara-acara tersebut terjadi di negara lain, Twitter memberikan update terkini kepada para fans, dan terhubung dengan fans lain untuk saling berbagi kesenangan.

Bagi fans K-Pop, menyimpan konten visual adalah aktivitas utama para fans. Berbagi foto dan video di Twitter adalah cara fans untuk mengabadikan momen favorit mereka di akun Twitter mereka, memudahkan anggota lain di komunitas untuk berbagi melalui Like atau Retweet dari foto atau video tersebut. Berikut adalah beberapa contoh tipe konten yang selalu dibagikan para fans K-Pop dengan menggunakan foto atau video.

Karya seni dari para fans (fanart) adalah salah satu Tweet yang paling banyak dibagikan oleh para fans K-Pop. Seperti fanart dari seorang fans grup Stray Kids (@astraeares), adalah salah satu contoh tipe Tweet yang akan semakin lengkap jika disuguhkan dengan foto.

Aksi dari sebuah pertunjukkan dari grup K-Pop idola juga sering ditemukan di Twitter. Banyak fans menangkap aksi lucu dari artis favoritnya ketika sedang berada di panggung, sehingga mereka ramai mengunggah video tersebut di Twitter, dan menjadi pembahasan yang lucu di Twitter dengan fans lainnya.

Dari Twitter ke dunia nyata

Sebagaimana banyak negara memasuki fase adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi, banyak sekali aktivitas offline yang tertunda; seperti pertemuan fans untuk perayaan ulang tahun artis favorit, menonton video musik terbaru bersama, atau sekadar berdiskusi bersama fans lainnya. Dengan segala keterbatasan tersebut, Twitter menjadi tempat utama bagi mereka untuk berdiskusi, merayakan ulang tahun artis favorit atau berbagi informasi terbaru tentang artis favorit. Dari memamerkan merchandise sampai mendukung artis favorit menggunakan fitur Foto dan Video; meskipun tidak dapat hadir langsung di berbagai acara, utas pun dapat menjadi fitur andalan agar tetap terhubung dengan berita terbaru mengenai artis favorit kamu.

Di Twitter, beberapa aksi dari dukungan para fans juga membawa dampak positif dalam dunia nyata. Seperti aksi dari para ARMY BTS di bawah ini yang mendonasikan dana kepada LBH APIK dalam rangka ulang tahun Jeon Jung-Kook, salah satu member BTS.

Apapun minatmu, kamu akan selalu menemukan komunitasnya di Twitter. Ikuti percakapan dan bergabunglah dengan komunitasnya di Twitter mulai dari sekarang!

Latest News

Frame iPhone 12 Dianggap Terlalu Tajam, Akibatkan Sejumlah Pengguna Terluka

Technologue.id, Jakarta - iPhone 12 hadir dengan bentuk frame datar menyerupai iPhone 4 yang meluncur satu dekade lalu. Alih-alih disambut baik, penyematan...

Tips Biar Bisa One Tap Headshot di Free Fire

Technologue.id, Jakarta - Free Fireย adalah game penembak yang setiap orang harus punya skill dan kemampuan taktis untuk bisa naik ke puncak. Agar...

Microsoft Ciptakan Kain Pintar, Bisa Apa?

Technologue.id, Jakarta - Raksasa teknologi Microsoft dan sejumlah peneliti dari berbagai universitas dikabarkan telah sukses mengembangkan kain pintar bernama Capacitivo. Tak main-main,...

Mantul, Sensor LiDAR di iPhone 12 Bisa Ukur Tinggi Badan Seseorang

Technologue.id, Jakarta - iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max hadir dengan teknologi sensor LiDAR pada kameranya. Tak banyak yang tahu...

Update Terbaru Honkai Impact 3rd, Bakal Ada Rank Battlesuit Baru

Technologue.id, Jakarta - Genshin Impact yang kian populer saat ini, mungkin banyak yang lupa sama game action 3D miHoYo, Honkai Impact 3....

Related Stories