Technologue.id, Jakarta – Sebuah penetrasi pasar menarik belum lama ini dilakukan oleh Apple. Mengutip TheVerge (16/6/16), perusahaan dari Cupertino itu telah membuat anak usaha yang bakal menjual listrik ke masyarakat.

Listrik yang dijual oleh Apple Energy, sebagaimana perusahaan itu disebut, berasal dari energi panas matahari yang dikumpulkan dari solar park mereka di Cupertino dan Nevada.

Listrik yang mereka kumpulkan di sana sebenarnya digunakan untuk daya data center, sejumlah Apple Store, dan kantor resmi mereka. Namun, Apple juga sedang mengupayakan untuk menambah solar park lagi dan mengadopsi energi terbarukan lain, seperti biogas dan panas Bumi.

Nah, nanti begitu energi listrik yang mereka hasilkan sudah melebihi kebutuhan mereka sendiri, Apple Energy akan menjualnya untuk menjadi konsumsi masyarakat luas.

Tampaknya, Apple sedang mempersiapkan investasi masa depan, yakni energi terbarukan. Sekiranya nakhoda Apple memutuskan untuk banting setir dari produsen gadget untuk konsumen, rasanya pemasok energi adalah opsi yang realistis, mengingat Apple sudah punya bekal solar park, divisi R&D yang berkelas, dan brand yang populer.