HomeHeadlineData KPAI Bocor, Retas Layanan Pengaduan Online

Data KPAI Bocor, Retas Layanan Pengaduan Online

Technologue.id, Jakarta – Data pengaduan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) diduga bocor akibat peretasan. Data-data yang dibobol itu diduga berasal dari layanan pengaduan online dalam situs resmi KPAI.

Informasi kebocoran data KPAI ini turut diunggah oleh cuitan netizen di Twitter.

“Database KPAI bener-bener playground ya gosipnya database aduan yang masuk security-nya lemah.. then if someone mau ngadu ke KPAI terus databasenya diacak-acak sama hacker gini gimana nasib yang ngadu? Gila bocor semua yang di KPAI terus dijual semua,” ucap akun @ShanoSenda, Rabu, 20 Oktober 2021.

Baca Juga:
Data Pengguna Aplikasi eHAC Diduga Bocor

Peretas diduga telah menjual data KPAI yang mereka curi di situs gelap RaidForum. Tangkapan layar yang beredar menunjukkan data tersebut dijual dengan nama “Leaked Database KPAI” oleh C77 pada 13 Oktober 2021.

Sejumlah informasi pribadi disebarkan di dalamnya. Databasenya memiliki detail lengkap tentang identitas pelapor seperti nama, nomor identitas, kewarganegaraan, telepon, hp, agama, pekerjaan, pendidikan, alamat, email, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, provinsi, kota, usia, serta tanggal pelaporan.

Beberapa informasi dari orang-orang yang diduga pernah mengisi pengaduan di KPAI tersebar.

Inj w ss dari raidforums intinya data-data korban yang ngadu ke KPAI udah dijual disana Smiling face with tear jahat banget jahat…” lanjut akun tersebut.

Baca Juga:
279 Juta Data Peserta Bocor, BPJS Kesehatan Bakal Digugat

Saat ini pihak KPAI sudah menyampaikan kasus dugaan peretasan data itu ke Mabes Polri dan Kementerian Kominfo.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More