Debut Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pamer Prosesor Tensor SoC

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Google resmi memperkenalkan smartphone seri Pixel terbaru, yaitu Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. Ini acara semacam Preview sebelum raksasa teknologi itu mengungkapkan spesifikasi lebih detail.

Dalam kesempatan acara pada 2 Agustus kemarin, Google memberikan beberapa informasi penting mulai dari desain, sistem kamera, hingga prosesor Tensor yang dibuat langsung oleh Google.

Dilansir dari The Verge (2/8/2021), Google memamerkan system on a chip (SoC) baru yang akan ada di dalam Pixel generasi keenam. Chipset ini diberi nama Tensor SoC, berdasarkan Tensor Processing Units (TPU) yang digunakan Google di data center-nya.

Baca Juga:
Intip Penampakan Google Pixel 6 XL

Tenor diproduksi oleh pihak ketiga. Namun masih belum jelas komponen mana yang dilisensikan dari pihak lain atau yang dibuat oleh Google sendiri.

Kendati demikian, Google mengklaim prosesor Tensor yang ada di Pixel 6 menjadikan ponsel lebih cepat, pintar, dan paling aman.

Dua hal pasti datang dari Google yakni TPU seluler untuk operasi AI dan chip Titan M2 baru untuk keamanan. Selebihnya, termasuk CPU, GPU, dan modem 5G, semuanya masih menjadi misteri.

Salah satu fitur menonjol dari chip ini adalah kemampuan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan pembelajaran mesinnya (Machine Learning/ML), yang dinilai lebih baik dari yang ada di ponsel Google sebelumnya.

Menurut Google, itu adalah alasan utama perusahaan berinvestasi dalam merancang chipnya sendiri. Dengan ini, mereka dapat menghadirkan fitur AI dan ML dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh chipset yang tersedia di pasaran.

Baca Juga:
Google Rilis TWS Terbaru, Pixel Buds A-Series

Terlepas dari Tensor SoC, Google tidak banyak mengungkap spesifikasi Pixel 6 dan Pixel 6 Pro lebih lanjut.

Salah satu yang diketahui adalah layar. Pixel 6 memiliki ukuran layar datar FHD+ 6,4 inci dengan kecepatan refresh 90Hz, sedangkan Pixel 6 Pro menawarkan layar melengkung QHD+ 6,7 inci dengan kecepatan refresh 120Hz.

Keduanya membawa desain kamera punch hole di bagian depan.

Dua ponsel ini akan menjalankan sistem operasi Android 12 saat diluncurkan.

Google akan mengumumkan lebih lanjut mengenai spesifikasi dan fitur Pixel 6 dan Pixel 6 Pro pada Oktober mendatang. Akan ada pilihan warna yang sedikit berbeda untuk kedua tipe ponsel tersebut.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories