Dekati Pasar Indonesia, Lenovo Sediakan Konten Lokal Secara Pabrikan

Teaser resmi Moto Z2 Play (source: Lenovo)

Technologue.id, Ubud – Lenovo Indonesia baru saja meluncurkan Moto Z2 Play ke pasar smartphone Tanah Air. Perusahaan bermarkas pusat di Tiongkok itu mengklaim bahwa produknya itu menjadi produk yang membawa konten lokal sebagai salah satu kekuatan utamanya.

Hal tersebut diakui Adrie R. Suhadi di tengah acara Media Camp Moto Z2 Play yang berlangsung di Ubud, Bali.

[Baca : 5 Keunggulan Moto Z2 Play daripada Moto Z, Nomor 4 Mungkin Anda Cari!]

“Moto Z2 Play membawa beberapa konten lokal asal Indonesia secara pabrikan. Ada beberapa konten asal Indonesia yang kami sematkan di produk ini seperti launcher Babe, aplikasi chatting Catfiz dan beberapa boot animation serta wallpaper dengan ilustrasi khas Indonesia,” klaim Adrie.

Ia pun mengaku pemilihan konten lokal itu sengaja disediakan pada jajaran perangkat teranyarnya supaya brand Motorola lebih dekat dengan konseumen Indonesia.

[Baca : Moto Segera Luncurkan Mods Baru untuk Indonesia, Apa Saja?]

Selain untuk membuat Motorola lebih memiliki cita rasa lokal yang lebih kental, penyediaan konten lokal secara pabrikan di Moto Z2 Play agar produknya memenuhi tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) yang telah ditetapkan pemerintah.

“Lenovo memilih opsi TKDN hardware yang sudah disediakan pemerintah dengan komposisi kerjasama pabrik lokal sebesar 70 persen, 20 persen dengan pusat riset dan 10 persen dengan konten lokal yang bisa dimanfaatkan pengguna,” jelasnya saat ditemui Technologue.id di Ubud, Bali.

Ke depannya, lanjut Adrie, Lenovo berkomitmen menambah konten lokal di setiap perangkatnya supaya para pembuat konten asal Indonesia punya ruang lebih besar untuk berkembang. Sayangnya, ia masih belum mau memaparkan konten lokal lain yang akan disediakan secara bawaan di perangkat Lenovo-Moto mendatang.

[Baca : Masih “Saudara”, Lenovo dan Motorola Rebutan Konsumen di Indonesia?]

loading...