Dell Gunakan Sampah Plastik Laut Pada Kemasan Laptop Terbarunya

Technologue.id, Jakarta – Salah satu vendor perangkat komputer asal Amerika Serikat, Dell rupanya tengah berinovasi dalam menciptakan produk laptop terbaru mereka. Teknologi dan keahlian mereka kini diupayakan turut dapat memberi manfaat kepada konsumen tetapi bagi planet bumi. Caranya, lewat laptop XPS 13 2in1 terbaru, Dell pertama kali mengemas produknya dari daur ulang sampah plastik laut.

Seperti dikatakan oleh Catherine Lian, Managing Director Dell EMC, kehadiran Dell melalui inisiatif kemasan baru ini menunjukkan bahwa ada aplikasi bisnis global nyata untuk menghasilkan sisi positif dari plastik laut bagi bisnis kami dan bumi.

“Dell di tahun 2017 berusaha menjadi yang pertama di industri teknologi yang menciptakan alas kemasan kotak Dell XPS 13 2in1 terbuat dari daur ulang plastik laut seperti botol dan tempat makan plastik sebesar 25% yang dikumpulkan dari perairan dan pantai, dicampur dengan 75% plastik HDPE daur ulang lainnya,” ujar Lian saat acara peluncuran Dell XPS 13 2in1, di Jakarta, Selasa (18/7/2017) lalu.

Adapun program percontohan Dell tersebut merupakan hasil dari keberhasilan studi kelayakan yang dilakukan pada bulan Maret 2016 di Haiti.

Selain itu, program percontohan ini bertujuan untuk mencegah 16 ribu pon atau lebih dari 7.250 Kg plastik yang masuk ke laut. Sekaligus Dell juga mendukung tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa ke 14. Dukungan tersebut diwujudkan dengan meningkatkan penggunaan tahunan plastik laut hingga sepuluh kali lipat pada 2025.

Dell sendiri sebenernya telah mendistribusikan XPS 13 2-in-1 dengan menggunakan kemasan berbahan plastik daur ulang tersebut sejak 30 April 2017 lalu. Lantas kedepannya, Dell mengaku berencana untuk menggunakan bahan tersebut pada perangkat di lini produk Tak sebatas laptop XPS 13 2in1 ini dalam waktu dekat. Mari Kita tunggu.