Technologue.id, Jakarta – Guna menghindari masuknya berbagai ancaman dan celah keamanan, tak lama lagi Google akan melarang pengguna Gmail untuk menyisipkan file JavaScript.

Mengutip dari NextPowerUp (26/01/17), file yang memiliki ekstensi .js mulai tak bisa lagi disisipkan di Gmail pada 13 Februari 2017 mendatang. Jika masih ada pengguna yang mencoba menyisipkannya, Google secara otomatis akan memblokir file tersebut.

Pada saat pemblokiran tersebut berlaku, Gmail akan menampilkan notifikasi bahwa file dengan ekstensi .js diblokir karena berpotensi untuk membuka celah keamanan.

Tak cuma .js, file lain yang memiliki ekstensi .exe, .msc, dan .bat juga bakal bernasib sama. Namun masih belum jelas apakah file-file tersebut masih bisa lolos jika disematkan di dalam file yang sudah dikompres.

Agar masih tetap bisa mengirimkan file JavaScript kepada pengguna lainnya, Google masih mengizinkan pengguna untuk mengupload file berekstensi .js melalui Google Drive.

JavaScript sendiri sering dimanfaatkan oleh penjahat siber untuk menyusup ke komputer orang lain. Walaupun cara ini sudah cukup usang, serangan tersebut masih efektif untuk pengguna yang masih menggunakan sistem operasi lawas dan tak terproteksi antivirus.